1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Review SEOCON 2020 - Day 1

Discussion in 'SEO' started by zvous, Mar 6, 2020.

Tags:
  1. zvous

    zvous 김태연 admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    548
    Likes Received:
    291
    Hai gaes,

    gw mau sharing sedikit tentang acara ini, yang diselenggarakan minggu kemarin di Jakarta, dan mau kasih reviewnya.

    Sedikit info, gw mengikuti seocon 2019 dan 2020, ke-2 nya dibayarin oleh tempat kerja gw.

    Tahun ini, seocon masih dibuat 2 hari sama seperti 2019.

    Dimana hari pertama, conference di satu stage gede, dan hari ke-2, pengunjung bisa memilih 3 stage, yang diberi nama "onpage", "offpage", dan "english".

    Hari 1

    main stage, semua presentasi memakai bahasa inggris.

    Pembicara pertama, mas Ryan, boss-nya yang punya acara, boss dari agensi Toffedev (lokal)
    Profile linkedin: https://id.linkedin.com/in/ryankristo

    Tahun ini sudah tidak se-cringey tahun 2019, cara memperkenalkan dirinya/cara memulai presentasinya.

    Materi pembicara pertama ini lebih ditujukan kepada perusahaan, startup, agensi, atau individu yang baru atau akan memulai optimasi SEO di website mereka.

    Mas Ryan memperkenalkan framework yang dinamai Toffee SEO Framework.

    Skor dari gw: 6/10, materi cocok untuk yang baru belajar SEO, tapi tidak memberikan informasi baru untuk tingkat medium to advanced.

    Pembicara kedua, mas Reza, SEO Lead Tokopedia (lokal)
    Profile linkedin: https://id.linkedin.com/in/reza-putra-683a991a

    Mas Reza kembali menjadi speaker di seocon tahun ini.

    Tahun ke-2 ini dia masih fokus bicara tentang pentingnya konten ketimbang backlink dan posisi rank bukan prioritas utama di tokped.

    Fokus utamanya adalah website secara keseluruhan, termasuk didalamnya speed, site health, dll,

    Presentasi ditutup dengan quote, "SEO is how to optimize your website potential not how to rank."

    Skor dari gw: 5/10, mas Reza lebih cocok mengisi dengan bahasa indonesia, ada lawakannya tahun kemarin. Tahun ini ga ada ngelawak.

    Materi cocok untuk pemula, dan tidak ada informasi baru untuk medium to advanced.

    Pembicara ketiga, mas Thomas, CTO-nya Kumparan (bule)
    profile linkedin: https://sg.linkedin.com/in/thomasdiong

    Materi yang menarik perhatian gw di hari pertama ini, karena mas Thomas ini sharing dapurnya kumparan.

    Pembicara lain (dari tahun 2019), menurut gw baru Gojek (mas Irvan, https://id.linkedin.com/in/irvansanjaya) doang yang sharing dapurnya, itu pun tidak banyak.

    Sisanya, ga ada atau belum ada yang berani lagi sharing dapurnya, sampai waktu si mas Thomas ini presentasi.

    Skor dari gw: 8/10. Ini karena gw bisa ngeliat dan ngebayangin CMS custom mereka, gimana komunikasi tim content/writer <--> tim seo <--> tim engineering di Kumparan.

    materi ini sangat cocok untuk agensi startup, atau perusahaan yang mempunyai tim konten/seo/engineering, karena bisa komparasi langsung dengan dapur Kumparan.

    Pembicara keempat, mas Jono, dari Yoast (bule)
    profile linkedin: https://uk.linkedin.com/in/jonoalderson

    Mas yang satu ini ngomongnya cepet bingiths.

    Materinya ngomongin dari zero click google, gimana cara website owner mengatasi ini, menggunakan wordpress, PWA, sampai ke pitching make yoast, hahaha.

    skor dari gw: 8/10. Materi disampaikan dengan pembahasan yang sangat menarik.

    Mengajak untuk bagaimana” memberikan makan” ke google, bukan dengan “melawan”nya.

    Fokus untuk berikan “solusi” terhadap user kita, dan menerima perubahan-perubahan yang dilakukan Google (rich snippet, zero click result, dll) sebagai strategi baru.

    Sebelum masuk ke pembicara kelima, MC main stage, ngadain ice breaking, biar ga jenuh/cape, yaitu main tiktok-an, ditemani satu mbak-mbak di atas panggung.

    Apa yang gw lakuin? Diem aja. Males banget coi, hahaha.

    Pembicara kelima, JC Carlos, Global Head SEO-nya Traveloka (bule)
    Profile linkedin: https://ph.linkedin.com/in/jccarlos

    Dia bawain materi tentang crawl untuk enterprise, problem dan solusinya apa.

    Ilmu baru yang gw ambil dari mas JC (baca: jeysi), internal duplicate content, halaman ga penting+thin content, tidak menerapkan rel=”canonical” untuk halaman pagination, sampai ke staging url ke index.

    Skor dari gw: 7/10. Cukup menarik, materi bisa langsung di praktekan jika URL masih sedikit. Akan cukup memakan waktu apabila URL sudah ribuan, puluhan ribu, atau ratusan ribu.

    Pembicara keenam, mas Fabian, founder Pageadvisor.com & Clickmedia Pte (bule)
    Profile Linkedin: https://sg.linkedin.com/in/fabianlim

    Materinya sangat menarik, terutama untuk publisher solo, tentang strategi apa yang paling profitable menurut mas Fabian ini.

    Dari website model affiliate sampai real estate leasing, yang sangat menarik banget buat dicoba, dilakukan, dan diterapkan.

    Minusnya satu doang, pitching terosss, jualan terossss.

    Skor dari gw: 8/10. Ilmunya banyak yang bisa gw terapin nanti, sebagai publisher solo.

    Banyak ide-ide menarik yang belum kepikiran, ternyata banyak banget yang belum di tap-in disini.

    Pembicara ketujuh, yang paling ditunggu, mas Neil Patel, co-founder NeilPatel Digital.
    Profile linkedin: https://www.linkedin.com/in/neilkpatel

    Dannnnnn, ternyata dia batal datang ke Jakarta :’( dikarenakan travel warning karena virus Corona.

    Kemudian digantikan live chat langsung dengan mas Neil langsung dari rumahnya, hahahaha.

    Patut diapresiasi loh, karena di Jakarta, session live chat berlangsung jam 4 sore, dan dia streaming dari rumahnya, jam 2 pagi waktu San Diego, California.

    Materi disampaikan singkat, dan lebih banyak sesi pertanyaan.

    Peserta dipersilahkan bertanya dengan membentuk antrian, dan bertanya satu per satu ke mas Neil.

    Gw langsung semangat, langsung ngantri buat bertanya ke mas Neil, aji mumpung coi, bisa nanya ke seleb-nya SEO, ke masternya langsung.

    Gw nanyain hal yang dia sebut pas presentasi, mas Neil bilang begini kurang lebihnya, “gw publish artikel satu per minggu, tapi tim gw ngedit 3 artikel per hari.”

    Gw nanyain begini kurang lebihnya, “mas, itu tim sampeyan 3 artikel per hari, ngeditnya gimana ya? Ditambahin valuenya atau cuman langsung re-published aja, biar tanggalnya ganti baru?”

    Dia ngejawab begini kurang lebihnya, “apa aja coi, kalau memang perlu, tim gw entar ngeganti mulai dari gambar, text, informasi, dll kalau dirasa sudah tidak relevan lagi dengan kondisi terbaru”

    Jawaban ini sejalan dengan jawaban mas Neil terhadap penanya lainnya, yang jawaban beliau, begini kurang lebihnya, “content itu (yang ditanyain penanya) masih relevan, masih boleh dijadikan acuan untuk keperluan kamu, karena tim saya tetap memperbaharui artikelnya.”

    Skor dari gw: 9/10. Seneng abis coi! Bisa ngobrol langsung ama doi, cuman minus dia ga dateng aja.
     
    ryann, Bemasbe, Iwaseto and 8 others like this.
  2. zvous

    zvous 김태연 admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    548
    Likes Received:
    291
    Pembicara kedelapan, terakhir di hari 1, mas Jon, dari Pi datametric

    Profile linkedin: https://uk.linkedin.com/in/jonearnshaw

    Gw kira pembicara terakhir ini akan menjadi anti klimaks, hebohnya sudah habis duluan karena gw yakin sebagian besar peserta ikut seocon ini salah satu alasannya pasti pengen ketemu mas Neil.

    Tetapi ternyata tidak coi, mas Jon ini keren banget presentasinya.

    Kocak banget!


    Ketika dia naik ke panggung, dibuka dengan kalimat, yang begini kurang lebihnya, “Jam-jam segini nih (sudah lewat jam 5), kalau di tempat gw, kita lagi pada di pub (bar).”

    Ngeliat dia presentasi, macem ngeliat orang yang lagi stand up comedy, dan ngakak terus!

    Mas Jon, menjadi yang ke-2 di hari pertama ini, setelah mas Thomas, yang berani buka dapurnya.

    Beliau buka-bukaan data, beberapa brand global ternama dan dua brand lokal (detik dan traveloka), yang suffer dengan page conflict.

    Intinya yang gw tangkep, jangan punya page yang ngincer keyword yang sama (keyword cannibalization).

    Pada contoh detik.com, keyword “iPhone 11 pro”, punya 12 pages dengan keyword tersebut.

    Yang awalnya mereka rank 1 page 1, karena page conflict ini, dia ketendang ke page 2.

    Apa loss yang diterima Detik ketika ketendang gara-gara 1 keyword ini?

    >500k visits per bulan.

    Mas Jon bilang gini kurang lebihnya, “Google bingung, lu mau yang mana sih buat keyword ini, banyak banget lu bikinnya. Gw letakin url website lain aja dah. Bingung bat gw (ama detik).”

    Solusinya, menurut si mas Jon ini, bisa dengan cara dibuatkan thema (struktur) dan saling memberikan internal link halaman satu dengan halaman yang lainnya.

    Identifikasi dulu problem page conflict-nya, untuk kemudian ditentukan solusinya.

    Bisa saja, internal link tidak memungkinkan karena konten yang sama.

    Jika seperti ini, bisa dengan men-redirect 301 halaman B, yang memiliki keyword yang sama dengan halaman A, ke halaman A, dengan menambahkan value halaman B yang belum dipunyai halaman A.

    Skor dari gw: 10/10. Ilmunya daging semua dan disampaikan dengan lucu. Hari pertama ditutup oleh pembicara terbaik versi saya. BRAVO!

    Untuk hari ke-2, karena dijadikan 3 panggung, otomatis gw (dan temen kantor) ga bisa menghadiri semua.

    Kita cuman bisa milih pembicara dengan topik, yang sekiranya kita butuhkan banget buat bisnis kita.

    Untungnya semua peserta, dapet semua slide pembicara. Mantab!!

    Jika ada orang-orang Toffedev yang baca tulisan ini, harapan gw untuk seocon berikutnya:
    • lebih banyak speaker yang sharing dapurnya, yang ada data/numbers, dan studi kasus dari hal yang mereka alami sendiri, bukan hanya hal-hal yang umum saja. Kurang lebih presentasi dari mas Jon, yang bawa data-data dari toolsnya dia.

    • Kasih makan siang dong! Tahun 2019 aja dapet, masak 2020 ga dapet, kan udah bayar mahal!

    • Tolong dikurangi dong hard pitch-nya dong ketika mempresentasikan materi. Pitching bisa dilakukan di sela-sela acara.
    Download materi SEOCON 2020: https://s.id/seocon2020adsid


    Note: Jika ada pihak yang tidak berkenan gw ngeshare, bisa langsung hubungi gw ya. Akan langsung gw take down.

    NoteNote: Untuk anak2 ads.id yang ikutan acara ini, boleh juga dong sharing pengalamannya di trit ini.

    Share ini murni hanya untuk sharing menambah wawasan dan secara tidak langsung bertujuan mencari teman ads.id untuk kopdar di acara-acara seo seperti ini.
     
    ryann, AriefM, Diandra and 20 others like this.
  3. Abdip21

    Abdip21 AdSense Fan

    Joined:
    May 25, 2018
    Messages:
    180
    Likes Received:
    42
    Location:
    malang
    Terima kasih sheringnya.

    Jika boleh tahu kerja di kantor mana ?

    Kantornya baik banget mau bayarin karyawannya

    Sent from my meizu C9 using Tapatalk
     
  4. malehoy

    malehoy New Comer

    Joined:
    Jan 19, 2020
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Terima kasih mau berbagi gan,
    Ikut yang kayak gini yang ane butuhin karena masih newbie

    Sent from my CPH1819 using Tapatalk
     
  5. mandela83

    mandela83 Super Hero

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    1,660
    Likes Received:
    73
    Location:
    Bogor
    Thank you for sharing. BRAVO!
     
  6. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,329
    Likes Received:
    169
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Ini masih dibahas. ntap

    Pernah dengar kata-kata ini, yang mirip, dari penguasa halaman satu selama enam tahun.


    Dari dulu, males banget dah belajar canoncial. Google dalam tulisannya sudah sempat bahas ginian. Tahun lalu kalau gak salah.


    Dua ini, logikanya masuk akal.

    Gila banget, sehari tiga kali ngedit, kayak minum obat aja.

    Ini baru dengar. Mangkanya dikutip. Logika algoritma juga masih bisa diterima.


    Pernah bikin tulisan kalau, google itu sendiri bingung siapa yang mau ditaruh di halaman satu urutan satu. Lah ini buktinya

    ---
    Bisa dibilang, wikipedia, mungkin bisa mewakili seo onpage.
    ---


    Makasih. Hemat 2 juta jadinya.
    Kelas-kelas bloger kere, 2 juta itu berarti banget.

    --
    Alasan dulu kemari, karena ada anggota yang baik hati. Seperti pembuka topik, TS.
    --
    Sekali lagi terima kasih 112MB.
     
  7. Fitris

    Fitris Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    570
    Likes Received:
    79
    Thanks om udah berbagi, bakal sy ulang2 nih bacanya.

    Kadang saking smangatnya bikin microniche makin banyak artikel malah makin turun peringkatnya.

    Btw misalnya nih qt nembak keyword "spesifikasi iphone 11 pro" Dan "harga iphone 11 pro terbaru" Apakah dianggap keyword cannibalization sama google om?
     
    Maniak Ngetik likes this.
  8. zvous

    zvous 김태연 admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    548
    Likes Received:
    291
    klo punya site ecommerce, mesti banget belajar canonical mas, kepake banget soalnya...

    ini jawaban gw ya, mungkin beda ama jawaban suhu2 disini...

    coba cek:
    0. intensi orang cari keyword itu apa? informasi, transaksional, navigasi,
    1. cek serp ke2 keyword itu
    2. liat siapa yang populate serp?
    3. perhatiin, bentuk/tipe artikelnya gmn? apakah mereka make 2 keyword ini di dalam 1 artikel? semaunya kek gini ga? ini berkaitan ke nomor #0
    4.1 klo iya, berarti lakuin hal yang sama, tinggal buat konten yang lebih keren dan lebih bermanfaat lagi buat user.
    4.2 klo ga, berarti bisa di buat ke dalam 2 artikel berbeda
    5. inti nya harus user-centric, senengin user, user punya "problem", lu punya "solusi".
     
  9. redo-me

    redo-me New Comer

    Joined:
    Jan 16, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Terima kasih om sharingnya, izin sedot

    Sent from my SM-A507FN using Tapatalk
     
  10. tanpamoney

    tanpamoney AdSense Pro

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    355
    Likes Received:
    72
    Temen gw ikut nih event, gw waktu itu ditawarin ama kantor tp pas kantor tau biayanya jutaan, malah ditahan2 ama kantor akhirnya gak jadi ikut hehehe

    Kata temen ane yg katanya ikut tahun awal, sekarang materinya lebih berbobot dan dah mulai bnyak yg bagi rahasia dapur.

    Jadi makin niat buat ikut seocon tahun besok kyaknya nih karena dah lebih berbobot.

    Btw, kata temen ane, peserta tahun ini gak serame tahun sebelumnya, bener gak sih gan? Atau cuma perasaan dia doang?
     
  11. Lutfi Hamid

    Lutfi Hamid New Comer

    Joined:
    Jul 27, 2019
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Location:
    Madura
    Thanks for share :)
     
  12. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,214
    Likes Received:
    1,018
    Location:
    Barat Bantul City
    Terimakasih mas... Mantap betul
     
  13. ithoib

    ithoib Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    766
    Likes Received:
    287
    Location:
    Kota Angin
    keren sekali. jadi tercerahkan tentang internal conflict yang selama ini tidak terpikirkan.
     
    Maniak Ngetik likes this.
  14. zvous

    zvous 김태연 admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    548
    Likes Received:
    291
    temen situ beneran dateng kesono ga? peserta tahun ini 2-3x lebih banyak dari tahun 2019.

    tahun 2019, venuenya di balai kartini (lantai paling atas, grand ballroom), seinget gw kurang lebih keisi 4/5 ruangannya... link venue: hxxps: // balaikartini.com/rafflesia-grand-ballroom/
    tahun 2020, venuenya di The Kasablanka (kokas, lantai paling atas, mainhall - day 1) kurang lebih, keisi 3/4 ruangannya... link venue: hxxp: // www. thekasablanka.com/venue/rooms/item/8-main-hall --> ini day 1
    day 2 nya di pecah 3 stages/panggung, mungkin temen situ ngeliatnya per masing masing stages ini kali?

    Edit:
    Gaes, link nya sampe malem ini aja ya, malem nanti gw take down, sesempetnya aja, klo ga sempet, ya berarti besok pagi ya...
    Soalnya post nya ga bisa di edit :(
     
  15. surya22

    surya22 Hamba Allah

    Joined:
    Jun 14, 2013
    Messages:
    538
    Likes Received:
    16
    Location:
    Surakarta Hadiningrat
    ntabs slur, temen ane ada yang jadi speaker disana juga namanya Joe Handaya sama guru SEO ane Pak Victor. Pengen banget dateng kesono tapi kantong sama kerjaan di Solo berkata lain, wehehe. Ty sharenya gan, ane download aja dah dan ane baca - baca lagi
     
  16. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,571
    Likes Received:
    199
    Location:
    Ads.id
    di seocon apa ada pembahasan SEO terkait PBN om? boleh dijelaskan seperti apa dan bagaimana..
     
  17. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    914
    Likes Received:
    69
    Location:
    DKI JAKARTA
    makasih atas sharing materi nya hu, banyak ilmu bermanfaat dari materi nya jadi bsia saya terapkan juga ke client saya
     
  18. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,050
    Likes Received:
    204
    Location:
    Indramayu
    Ada di dokumen
     
  19. sidan s

    sidan s AdSense Fan

    Joined:
    Sep 25, 2016
    Messages:
    191
    Likes Received:
    29
    Gan, yg ga boleh double keyword itu KW utamanya saja ya..? yg ada di judul. kalo KW related dan people also search boleh sama persis kan ya, asal KW utama nya yg ada di judul beda.
     
  20. supriyadieka

    supriyadieka Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    6,517
    Likes Received:
    357
    Location:
    Gunungkidul
    Terima kasih, ikut memepelajari pelan-pelan masgan.
    suskes selalu
     

Share This Page