1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Pusing .. Karyawan yang resign demi jadi full time internet marketer

Discussion in 'Chit Chat' started by xcyberx, Aug 30, 2012.

  1. neyh101

    neyh101 Ads.id Pro

    Joined:
    May 8, 2012
    Messages:
    360
    Likes Received:
    11
    Location:
    127.0.0.1
    om TS, tetep semangat dong! ane juga senasib, dari sisi posisi kerja dan gaji. tapi ane udah ambil keputusan sebagai internet marketer padahal ane ilmunya masih cetek. karena dari dulu dunia komputer+internet adalah hobi ane. Dulu ane gagal jadi seorang IT gara2 biaya kuliahnya kemahalan.. sekarang saatnya ane kejar cita2 ane.. ane harap om TS jg punya keyakinan yg kuat..
     
  2. virtarich

    virtarich Super Hero

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    1,572
    Likes Received:
    2,324
    Location:
    theme-id.com
    jangan buru buru , persiapkan lebih matang
    siapkan mental juga
    semua butuh proses

    wokeh
     
  3. Rockerpreneur

    Rockerpreneur Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 7, 2012
    Messages:
    337
    Likes Received:
    27
    Location:
    On the stage
    Subsidi silang masbro...justru kondisi mas yg sdh kerja dan punya gaji tetap lumayan itu bs jd fondasi bgs untk mulai terjun di IM, tp jgn berhenti kerja dl. Konkritnya begini, yg mas plg pingin terjun di IM dlm hal apa. Apkh product creation, Adsense, Amazon ato yg lain2. Trus mas passion nya di IM dlm hal apa, apkh plg antusias dgn SEO, Web design& development, menulis dsb. Utk IM yg masbro lakukan sendiri hanya yg mas plg seneng aja, selain itu di outsource.
    Ilustrasi contohnya begini :
    Misalkan masbro seneng desain, pingin mulai dgn bikin Amazon site.
    1 hal yg pasti masbro punya budget utk memulai itu, dan jgn lupa bhw byk sekali yg mau mulai aja bingung gak ada modal bahkan sekedar utk beli artikel.
    Krn masbro seneng desain( cm contoh) mas desain website mas sendiri, selain itu outsourcing.
    Trus order artikel dan monthly SEO campaign dgn budget yg disisihkan dr gaji mas. Stlh itu tunggu dan lihat hasilnya dl. Kl itu jalan tinggal rinse and repeat, asumsi di titik itu mas udh ada online earning itu bs di subsidi silang lg utk bikin web2 baru. Tp klpun blm ada hsl, somehow sdh ada kesimpulan knp itu tdk berjalan dgn baik. Tinggal dibuat kesimpulan sebaiknya langkah selanjutnya apa.
    Kl bisnis IM mas udh jalan, stabil dan udh nemu 'ritme' nya maka posisinya udh lbh aman klpun pd akhirnya memutuskan resign. Tp utk saat ini mindsetnya bgmn memutar gaji yg mas dpt utk memulai IM, tinggal memastikan investasikan itu pd hal2 yg bnr2 efektif.
    Yg sy sampaikan di atas contoh, krn sy tdk tahu persisnya mas di IM passion nya apa. Tp intinya mksd sy soal mindsetnya.
    Mnrt sy yg plg perlu mas perhatikan utk saat ini adl utk memulai IM itu, lakukan atau ikuti metode yg udh proven. Spy investasi yg mas sisihkan dr gaji itu worth it dan tdk terbuang percuma. Try and error pasti ada tp setdknya mas bs reasearch dgn cermat mana metode IM yg worth it utk dilakukan dan tdk.
    Dan jg hindarkan diri dl dr information overload. Fokus pd 1 metode IM dl, kl udh jln br yg lain.
    Kl sy pribadi cm menyarankan, dgn kondisi mas yg sdh punya gaji lumayan itu memungkinkan utk mas membuat IM project yg sifatnya Authority Site. Authority Site investasi yg sifatnya longterm TAPI krn mas punya backup gaji bulanan jd mas sanggup utk komit pd sbh investasi yg bth wkt agak panjang.
    Mksd sy msl hire writer sekian per bulan utk update konten dan hire SEO provider sekian per bulan itu mungkin br ada hsl di bulan ke sekian, tp kembali lg itu bkn sbh masalah utk mas. Kondisi mas yg sdh ada gaji membuat mas TIDAK urgent utk hrs segera mendapatkan uang dr IM. Jd mas bs fokus pd project yg ckp bsr dan hslnya lonterm. Kl saran sy jgn melakukan hal2 yg orientasinya instan di IM sprti AGC, Autoblog, Blackhat dsb.
    Sy tdk bilang itu buruk, tp mnrt sy hal2 sprti itu lebih tepatnya utk IM-er yg situasinya URGENT hrs segera dpt duit dr IM atau modalnya terbatas.
    Lbh baik invest ke project yg agak bsr dan sifatnya Authority Site. Mmg invest agak byk dan hrs komit agak lama tp hslnya lonterm.
    Utk situasi sy sendiri, sy jg punya pekerjaan offline tp bkn pegawai. Sy recording-mixing-mastering engineer di studio recording sy sendiri. Dan itu jg lmyn menyita energi dan wkt, selain itu sy mengelola toko warisan dr org tua. Prinsip yg sy lakukan adl subsidi silang.
    Di IM sy hanya melakukan hal2 yg sy senangi atau sy punya passion disitu, selebihnya sy outsource. Dan di dlm aktifitas IM yg sy lakukan itu sendiri sy membagi lg. Yaitu yg bs menghasilkan uang cpt ( web design&development service, kebetulan udh ada bbrp private clients) hasilnya sy subsidikan ke project2 IM yg bth invest bsr dan bth wkt agak lama utk mendatangkan hasil. Utk web design&development service itu sy punya tim jd sy tinggal memanage tanpa hrs mengerjakan semuanya sendiri. Intinya get the ball rolls in, bolanya biar berputar dl tp TIDAK MINUS.
    Dimulai dr yg sdh berhasil, trus subsidikan ke mana yg plg cepat ada hslnya kl itu dilakukan trus drsitu subsidikan lg ke yg hasilnya bth wkt lebh lama.
    Kl mnrt sy mindset yg tepat seperti itu, jd dlm situasi mas skrg yg plg mas butuhkan adl kemampuan managerial utk memanage situasi.
    Mudah2an bermanfaat dan mohon maaf kl ada yg tdk berkenan.
     
  4. harryfair

    harryfair Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 27, 2009
    Messages:
    262
    Likes Received:
    5
    pasti kerjanya di kantor akuntan publik nih. :D

    menurut ane duit yang ada di invest aja dulu buat bisnis yang lain, untuk modal resign. kata om engkoh persiapan untuk 1 tahun kedepan. atau bisa juga jalanin internet marketing tapi di outsource dulu jadi mas bro cuma riset, bikin 1 kalau menghasilkan bikin lagi sampai ketemu bisnis modelnya. karena sekrang main di internet juga ga aman aman banget. :)
     
  5. pejuang_adsense

    pejuang_adsense Recommended Seller

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    596
    Likes Received:
    652
    Location:
    Jember
    Bro mastah, ente ke mana aje? Kangen ane :D
    Setuju nih sama yg ini :)
     
  6. johnyboy

    johnyboy Ads.id Pro

    Joined:
    May 2, 2010
    Messages:
    270
    Likes Received:
    59
    wow, TS nya udah ngilang entah kemana, saran-saran masih pada bermasukan. ini sekalian jadi ajang curhat juga ya, hehehe.

    sebenarnya ini kembali ke karakter seseorang. ada orang yg bertipe petarung, dia nggak terlalu banyak mikir hal-hal negatif. dia akan tetap maju dengan apa yg dia yakini. kalaupun pernah gagal beberapa kali, dia nggak menganggap salah dalam mengambil keputusan, tetapi dianggap sebagai proses menuju keberhasilan. tipe seperti ini adalah orang2 yg bernyali besar dan cenderung sukses dan terkenal.

    ada tipe berhati-hati, membuat hitungan2 untung rugi. mengambil langkah aman dengan tidak melepaskan apa yg ditangan. awalnya cenderung biasa-biasa aja, tetapi bisa jadi berhasil dalam jangka yang panjang.

    ada tipe takut mengambil keputusan yg beresiko tinggi. selalu mengambil langkah aman, misalnya selalu menjadi karyawan yg baik. ikutan bisnis online hanya sebagai sampingan dan bisa jadi ditinggalkan suatu saat. bisa saja orang spt ini sukses, tetapi sebagai karyawan.

    tipe apakah anda?
     
  7. idayiduy

    idayiduy Hero

    Joined:
    Nov 26, 2011
    Messages:
    557
    Likes Received:
    49
    Syukuri dan jalani dulu profesi anda saat ini, jika anda ingin terjun ke dunia IM, pelajari dan praktekan ilmunya, jika penghasilan dari dunia IM sudah sebesar gaji Anda saat ini, silahkan ambil langkah untuk menjadi full time IM. Untuk beralih profesi itu (istilahnya banting stir) menurut pengalaman saya mudah tapi susah. Mengundurkan diri atau resign itu mudah tapi mencari batu loncatan yg ideal itu susah. Tahun 2000 saya masih buruh pabrik yang kerjanya di shift yaitu Shift 1 (masuk malam 4 hari), 2(masuk pagi 4 hari), 3(masuk sore 4 hari) dan off(libur 4 hari), Alhamdulillah pertengahan tahun ada program rasionalisasi dan saya masuk kedalam program tersebut. Dengan berbekal pesangon 2 pmtk, saya coba mencari pekerjaan kantoran, karena saya tidak mau lagi kerja di pabrik yang rata2 di shift, saya tidak mau disaat orang lain tertidur pulas, sementara saya bermandikan keringat bergelut dengan bisingnya mesin2 pabrik. Alhamdulillah beberapa bulan malang melintang dalam kerasnya kota jakarta, awal tahun 2001 saya di terima untuk menjalani training disalah satu konsultan di jakarta, karena status saya masih training tanpa ada pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang konsultan, saya hanya mendapatkan uang trasport + makan selama 3 bulan yang besarnya 200 ribu/bulan. Setelah selesai 3 bulan saya pun mencari pekerjaan di konsultan yang lain dan mendapatkan gaji 3 x lipat dari konsultan yang pertama, 3 bulan kemudian sayapun pindah lagi ke konsultan yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal saya, alhamdulillah untuk ke empat kalinya saya pindah ke konsultan yang lebih dekat lagi lokasinya dan mendapatkan gaji di atas 1 juta/bulan dan hal ini saya dapatkan di awal tahun 2002. Sekarang masih bekerja di tempat tersebut dengan gaji yang tidak jauh dengan gaji anda saat ini. Tahun 2009 mulai kenalan dengan bisnis online, 2011 mulai dapat dollar dari amazon (setelah mengeluarkan biaya lebih dari 5 juta untuk belajar bisnis online dan internet marketing) tapi jumlahnya masih jauh dari gaji kantoran saya. Saya masih terus belajar untuk meningkatkan penghasilan online saya, dan bertekad untuk mengumpulkan modal untuk membangun bisnis offline, mudah2an Allah memberikan kemudahan kepada kita semua yang sedang mencoba berdiri dengan kaki sendiri dalam hal mencari penghasilan, baik menjadi pengusaha online maupun offline.

    Jadi silahkan dipikirkan kembali niat untuk resign demi untuk terjun kedunia IM yang menurut saya sama kejamnya dengan dunia bisnis offline, bahkan mungkin dirasakan lebih kejam lagi bagi orang-orang yang mudah menyerah.
     
  8. awangjivi

    awangjivi Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    280
    Likes Received:
    40
    Location:
    Bandung
    tetap semangat gan.. apapun keputusan anda coba pikirkan lagi dengan masak-masak sebelum melangkah lebih jauh lagi. apapun keputusannya yakinlah itu yang terbaik.
     
  9. zonabisnis

    zonabisnis Super Hero

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    1,853
    Likes Received:
    197
    Location:
    Tangerang
    pikirkan dulu lagi om... sudah siapkah semua faktor pendukungnya : mental, duit buat hidup minimal 1 tahun kedepan, modal untuk investasi di bisnis online (domain, hosting, tool dll), sudah adakah ilmunya, dll. Kalau ternyata masih belum cukup, mending kerja disambi online dulu.. waktu pasti ada kalau ada kemauan
     
  10. ronipascal

    ronipascal Super Hero

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,349
    Likes Received:
    21
    justru ane sebaliknya om, ane membangun bisnis online untuk mencari modal, niat ane pengen buka usaha offline ato modal untuk kerja misal masuk PNS hehe... ane pengen modal itu didapat dari bisnis online, karena bisnis online peluangnya gede juga dan emang ga pasti seh, itu kalo kita malas..
    kalo om dah dapet kerja gitu seh menurut ane enak bngt, jadi jalanin aja pekerjaan disambi bisnis online, bisnis onlinenya kecil2 dulu deh
     
  11. nurseria

    nurseria Newbie

    Joined:
    Sep 5, 2012
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    kalau menurut saya yang masih newbie dan belum punya pengalaman bisnis online sehebat masta-masta disini lebih baik anda jangan resign dulu coba dijalankan berbarengan seandainya nanti penghasilan dari bisnis online yang anda lakoni sudah cukup berkembang mungkin bisa resign...
     
  12. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,863
    Likes Received:
    374
    Location:
    https://proreview.host
    kalau ane jadi TS, ane bakal resapi saran dari agan yg satu ini...
    sangat masuk akal
     
  13. navokifaut

    navokifaut Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 15, 2008
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Saya termasuk ke dalam "Teman-teman yang 'KO' dari IM" seperti yg dikatakan mas Pur.

    Saya pernah satu kantor dengan mas Purwanto. Saya resign dari kantor dan memilih jalur IM pada akhir 2010 dengan banyak tentangan dari dalam keluarga. Namun, istri saya sangat mendukung langkah yang saya ambil (karena saya sudah mempersiapkan uang belanja untuk 1 tahun ke depan).

    Saat ngobrol dengan salah seorang master dari Jogja, saya diprediksi akan menghasilkan sekitar 6 bulan, dan ternyata, pada bulan ke 2, web saya terkena de-index. (bingung, cemas, gelisah, dan khawatir langsung saja menyeruak). Tapi, saya terus berusaha dan berdoa memohon pada Yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT. Saya tidak membangun blog lain, tetapi tetap posting dan posting pada blog yang de-index tersebut. Akhirnya, setelah 2 bulan, blog tersebut kembali "hidup" dan Alhamdulillah, blog saya benar-benar menghasilkan pada bulan ke-8 (jadi, klo diitung-itung, minus 2 bulan terperangkap deindex, genap 6 bulan saya bisa menghasilkan dan menghidupi keluarga seperti saat bekerja offline).

    Akan tetapi, masalah tidak berhenti sampai disitu, kondisi keluarga di kampung ternyata membutuhkan sokongan dana yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat penghasilan dari blog tersebut menjadi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan saya+keluarga (di jakarta) dan keluarga (di kampung). Oleh karena itu, saya harus bisa "Berdamai" dengan keadaan. Berbagai tawaran kerja dari teman yang selama ini datang dan saya tolak, akhirnya harus saya terima dengan pertimbangan yang adalah "Tawaran yang waktunya kerjanya bisa berbagi dengan kegiatan Online".

    Jadi, ya itu tadi. Hidup adalah pilihan. Sediakan plan A, B, C, atau bahkan D, untuk berjaga-jaga seandainya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

    Tak perlu malu kalo gagal... toh kita tidak minta makan pada orang lain. Orang lain hanya bisa berkata "Kasihan" dan itu tidak akan merubah apapun klo kita tidak berusaha untuk merubah nasib kita. Saya saat ini masih bekerja offline (status kontrak) sambil terus berusaha meningkatkan penghasilan dari online agar ketika kontrak saya selesai nanti, penghasilan online bisa diandalkan lagi.

    Bagaimana klo online belum cukup juga? Ya.... kembali mencoba mencari penghasilan lain. Pokoknya tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang kita cintai dan kasihi.
     
  14. cysers

    cysers Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 13, 2012
    Messages:
    134
    Likes Received:
    7
    Auditor apa bro ? BPK kah ???
    aku kerja disitu tp bkn Auditor cuma staf,
    aku juga kedepan pngen punya penghasilan dr online dan sekarang masih belajar belum berani resign.
    keluargamu sama seperti keluargaku bro bangga krn aku kerja disitu tanpa bayar ato sogokan alias murni.
    kalo dipikir2 takut juga ngambil resiko bwt resign apalagi aku blm bisa apa2, untuk sementara waktu Online + Offline hidup berdampingan :)
     
  15. topjitu

    topjitu Super Hero

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    777
    Likes Received:
    324
    Location:
    Bumi Allah
    keputusan persis seperti 2 tahun silam tepatnya 2010 perasaan saya semakin g karuan dan tidak menentu sejak kenal internet tahun 2007 apalagi saya sudah bosan dan tidak sreg lagi dengan pekerjaan itu, hingga saya putuskan bulat2 resikonya untuk resign dari perusahaan IT padahal posisi saya waktu itu sebagai manager senior dan saya sudah memiliki anak istri... awalnya istri saya menangis antara bimbang dan takut padahal sebelum saya sudah minta ijin sama istri dan orang tua.

    Alhamdulillah berkat perjuangan bisnis online sudah tembus 20jt/bln itu dibantu hanya berdua dengan istri tercinta.... awalnya saya harus meyakinkan terlebih dahulu jika internet bisa menghasilkan...

    Siapa ada kemauan disitu pasti ada jalan, sekarang sudah 2 tahun berlalu dan murni hanya hidup dari penghasilan online saja.... yakinlah apa yang diperbuat.... Pastikan dengan matang jangan ambil resiko akibat pikiran sesaat.... Ingat itu! Pahami betul Resikonya!!!
     
    rukawa88 and superijo like this.
  16. TheEscritor

    TheEscritor Newbie

    Joined:
    Sep 6, 2012
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Kalau saya pribadi baru ingin coba untuk berbisnis online , dan karena pekerjaan saya juga berkaitan dengan bisnis online yang akan saya jalankan , jadi saya fikir tidak ada salahnya bisnis online ini dijadikan sampingan :) sekaligus menjadi sumber penghasilan tambahan bagi saya dan rekan rekan kerja saya :)
     
  17. ebooktops

    ebooktops Super Hero

    Joined:
    Aug 8, 2008
    Messages:
    1,047
    Likes Received:
    24
    PNS ?.
    Jangan deh. pa lagi kalo lagi banyak proyek titipan. karna akan sulit tuk menghindar.
     
  18. shyrin

    shyrin Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 5, 2012
    Messages:
    51
    Likes Received:
    0
    kalo saran ane sih mending pertimbangin lagi...klo emang dah mantap di hati ambil...yang penting bisa mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil...
     
  19. gusimam

    gusimam Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 10, 2012
    Messages:
    478
    Likes Received:
    60
    Location:
    Jombang
    disyukurin aja mas bro
    ente udah dapat gaji 6.5 jt per bulan tuh udah banyak
    kalo ente langsung terjun ke IM dalam 2 tahun belum tentu ente dapat segitu sebulan
    belum termasuk modal yg ente keluarin

    karena sekarang pemainnya udah banyak otomatis banyak competitor
    dan aturan mbah google juga ketat

    pikir-2 dua kali kali mau banting stir
    mending di jalanin dua-2 nya dulu
    kalo udah nguasai ilmu IM 99%
    dan penghasilan dari IM udah melebihi gaji ente sekarang
    boleh deh ente putar haluan
     
    cysers likes this.
  20. aquila10

    aquila10 Hero

    Joined:
    Apr 25, 2012
    Messages:
    541
    Likes Received:
    4
    Location:
    di depan laptop :D
    Agan satu ini malah ke balik2, biasanya juga mau resign dari kerja offline jadi kerja online. tapi itu just your own choice......

    Yang penting dipikir masak2, kl sudah mantab langsung action!!!!

    good luck!

    ---------- Post added at 11:42 AM ---------- Previous post was at 11:03 AM ----------

    Saran ane sama gan, cari pekerjaan lain (offline) sambil membangun bisnis online. Itu saja, padat, singkat.
     

Share This Page