1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Akhir Perjalanan Blogcepot?

Discussion in 'SEO' started by Mastoure, Sep 27, 2021.

  1. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Ane punya blog di blogcepot custom domain udah dari 2014. Tapi sepertinya sekarang udah outdated ya gan walau custom domain?

    Ane ngerasain akhir2 ini di blogcepot, nyoba buat artikel evergreen 2100 kata dengan segala macam riset, soal optimasi on/off page jgn ditanya lagi. Ane posting bulan januari kemarin.

    Udah 9 bulanan, mentok2 nangkring di page 2, kadang agak turun ke page 3.

    Itu hasil eksperimen ane, ngincer keyword yg lumayan tinggi volumenya dan dipake web berita2 besar juga. Iya sih ngalahin beberapa web besar utk keyword tiga kata spesifik.

    Tapi absurdnya tetap kalah dgn halaman Tag dari web monster sperti detik. Bayangkan gan artikel 2100 kata dgn segala macam optimasi, kalah dgn halaman Tag.

    Kalau pakai WP mungkin posisi artikel ane udah lebih tinggian dikit kali ya? Temen ane bilang CMS berpengaruh.
     
    Nuel_DS and linkcluster like this.
  2. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    750
    Likes Received:
    135
    Gak cuma disitu om, algoritma google skrg mmg ngeri. Bbrp kali ngecek rata2 yg nangkring di 5 pencarian pertama dg kw heigh gk lain adlh gnews, & blog yg banyak pasang iklan. Gnews pun skrg mulai nyepam, kw abadi sering ditulis ulang tiap peringkatnya turun. Jadi blog microniche sekalipun skrg kegeser dg banyaknya artikel yg sbenarnya bukan "berita" yg ditulis oleh media berita dan sama google dimasukan ke jenis berita (prioritas).

    Kl tulisan itu uda 9 bulan aku rasa sudah mulai down kekuatannya om. Mau update dan ajukan tgl posting skrg juga susah kl cepot krn ada bulan & th di url nya.
     
    linkcluster likes this.
  3. zibul

    zibul Hero

    Joined:
    Jul 10, 2011
    Messages:
    683
    Likes Received:
    29
    Location:
    pindah kuto meneh
    aq sbnrnya penasaran bgt gan, apa di luar negeri web2 news juga pada ngelakuin ginian... biasanya masyarakat indo kan niru2 gtu (idenya dari luar negeri)... klo memang meniru gtu, lalu blogger2 "remahan rempeyek" yang di luar sana ngatasinnya gmna, biar kita pun juga bisa adaptasi....
     
  4. zibul

    zibul Hero

    Joined:
    Jul 10, 2011
    Messages:
    683
    Likes Received:
    29
    Location:
    pindah kuto meneh
    Yukkk tetep smngt gan,, kita saling menguatkann ya... wkwkwk,,,, masih untung keindex cpt,, lah ini punyaq dari bulan 06 ada artikel yang blm keindeks, dan itu belasan... klo digabungin bisa nympe puluhannnn... dan tetep sabarrrr haha... smngt ya....
     
  5. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    750
    Likes Received:
    135
    Di forum luar juga byk yg mengeluhkan hal ini hu.

    Parahnya lagi tidak sedikit media berita menulis ulang artikel dr blog microniche. Kan ngenes jadinya blogger recehan gini.

    Disisi lain hasil struktur pencarian google tau sendiri lah skrg. Setelah 2 pencarian uda muncul "orang jg bertanya" setelah 5 hasil pencarian muncul "org juga mencari".

    Peringkat 6 dst udah gk dpt visitor. Ini yg aku kira bikin CTR amblas sejak bbrp bulan ini.
     
    pejwan likes this.
  6. belajarbikinweb

    belajarbikinweb Banned

    Joined:
    May 18, 2021
    Messages:
    24
    Likes Received:
    7
    Persaingan di Google sudah semakin ketat sekarang. Blogger dengan modal cekak sangat sulit bersaing.
    Dibutuhkan banyak Backlink HQ untuk bisa bersaing di keyword pencairan tinggi.
    Saat ini, high quality content saja tidak cukup
     
  7. Enjoy2Trip

    Enjoy2Trip Hero

    Joined:
    Apr 1, 2015
    Messages:
    560
    Likes Received:
    66
    asli gan,,, saya barusan cek salah satu keyword evergreen "cara mendapatkan uang dari internet", sekarang diembat web2 besar..

    dan tampilannya kyk format berita gitu, dan tanggalnya sangat update..

    untungnya saya sdh antisipasi sejak tahun kemaren.. ga cuma fokus di blog aja
     
  8. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Iya gan, ane sebenernya juga udah mulai nebak2 sejak 1-2 tahun lalu kalau. Persaingan makin ganas di SERP.

    Banyak temen ane, dan mantan blogger2 yang nyerah ngelola blognya sendiri dan sekarang gabung ke media besar. Makanya agak gak kaget kalau konten2 media mirip blog
     
  9. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    750
    Likes Received:
    135
    Nah kan, semingguan itu top story udah turun, biasanya ganti media2 lokal/ yg lebih kecil dr tribun & kompas akan posting dg itu keyword.

    3 minggu semua artikel media berita turun dan blog kecil bisa di posisi atas, tp seling sehari dua hari media2 nasional posting lg dg kw itu lg.
     
  10. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,061
    Likes Received:
    343
    Location:
    DKI JAKARTA
    soalnya media besar skrg sudah memakai SEO Specialist juga, saya masih inget 3-4 tahun lalu bicara dengan beberapa owner portal berita ternama pas saya tanyakan apakah ada SEO Specialist di kantor nya dia jawab tidak, tapi terakhir saya ketemu 1 tahun lalu skrg ada 5-10 org SEO Specialist di kantornya, dengan kata lain selain memborbardir dengan keyword fresh yg sedang trend dan terkini, mereka juga optimasi semua keyword yg abadi, HPK, evergreen dll nya, bukan hanya yg primier nya saja bahkan yg longtailnya mereka buat juga, tujuan nya apa lagi kl bukan trafik dan GA, mengingat skrg banyak adviser sudah mengalihkan iklan nya selain ke youtube juga ke social media jadi pendapatan iklan nya portal media sudah tidak sebesar dulu, di tambah tiras yg cetak sudah menurun juga, dulu GA itu bagi sebagian besar portal berita hanya sebagai pendapatan sampingan, skrng banyak portal berita yg memanggap GA itu (selain kekuatan modal ownernya) sebagai tujuan utama selain iklan di tengah persaingan antar media yg sangat kompetitif
     
  11. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Apalagi penguasa top story udah bukan cuma soal detik-tribun, skrg buanyak web berita ya.. udah gitu satu website bisa bikin puluhan subdomain dan artikelnya mirip2 cuma rewrite ganti judul, sama2 judul heboh hehe
     
  12. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Persaingan web berita jaman sekarang ngingetin saya sama persaingan blogger jaman dulu era 2012-2016. Kerassss hahaha
     
  13. Adam.Hafiz

    Adam.Hafiz AdSense Starter

    Joined:
    Dec 23, 2019
    Messages:
    75
    Likes Received:
    4
    sekarang ngeblog gk segurih dulu..memang persaingan makin ketat, dihantam sama cpc yg kecil, orang jg skrg mulai bergeser ke konten video daripada text
     
  14. Enjoy2Trip

    Enjoy2Trip Hero

    Joined:
    Apr 1, 2015
    Messages:
    560
    Likes Received:
    66
    haha iya,, byk temen ane yg juga mantan blogger pada pensiun.. mereka terlalu fokus di blog dan adsense, tanpa mempertimbangkan "keranjang lain".. alhasil, ketika media besar menggarap lahan blogger, dan iklan link adsense dihapus, pendapatan blogger kian miris aja...

    Dan logikanya, 1 media besar digarap banyak orang, dan 1 blogger menggarap banyak blog,, pastilah menang 1 media besar yang digarap banyak orang...
     
  15. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,187
    Likes Received:
    272
    Mengelola blog kalau ga mau capek sebaiknya memang harus ada kerjasama, misal konten kita beli, backlink kita beli, kalau bisa upload konten juga pakai jasa. Yang kita lakukan cuma riset kw aja. Jadi kita masih punya banyak waktu buat bikin blog baru dan niche baru lainnya. Saya termasuk 1 orang dengan banyak blog, dan menurut saya ngeblog masih banyak peluang dan masih menguntungkan.

    Saya fulltime blogger dr 2013 smp skrg, dan tidak punya "keranjang lain" selain ngeblog. Saya ngeblog dr bujangan smp skrg anak 3, kebutuhan otomatis makin banyak, dan ga ada masalah dengan income. Asal ya itu, pegang kunci rahasianya dalam riset kw. Karena dijaman sekarang kita dituntut lebih kreatip dan inopatip, yg penting tau kunci utama dalam riset kw. Kalau sudah pegang kuncinya, enak mau ngolah kw kayak gimana juga.

    Sekedar tips aja, lebih baik mengelola blog bule drpd indo. Capeknya sama, modalnya kurang lebih sama, tp hasilnya jauh bgt berbeda. Dan menurut saya, menurut saya loh ya. Algoritma google untuk penelusuran global beda dg algoritma penelusuran lokal. Knp saya bisa tau? Gini, ibaratnya sebelum kita menemukan satu resep obat, atau menarik kesimpulan apa manfaat dan efek samping dr obat itu, kita harus melakukan penelitian dan riset yang membutuhkan modal sangat banyak, setelah kita tau formulanya, kita bisa edarkan formula itu untuk dipake oleh banyak perusahaan farmasi, contohnya untuk obat sakit kepala bukan panadol doang kan?.. Nah parahnya saya melakukan hal itu sebelum bikin blog utama..hahaha
     
    taufiq, pejwan and jokamers like this.
  16. Enjoy2Trip

    Enjoy2Trip Hero

    Joined:
    Apr 1, 2015
    Messages:
    560
    Likes Received:
    66
    ini the real suhuu,,, kbetulan saya ada juga 3 blog bule.. beli artikelnya di forum ini dan mnurut saya kurang native,, boleh bisikin hu beli artikel bule wkwkwk.. apakah di forum bule belinya? atw disini juga?
     
    Cendol likes this.
  17. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Wah tau aja suhu kalau ane baru mau mulai terjun ke bule, iya sih kata temen ane yg ngeriset soal SERP beda jauh antata SERP lokal dan bule.

    Ane udah ada plan buat main microniche blog bule yg topiknya sesuai minat ane dan minim persaingan, cuma ya itu wacana hanyalah wacana, eksekusi ga jadi2 wkwk.

    karna sampe skrg bingung kebanyakan mikir mau pake provider hosting lokal atau luar. Terus temanya yg mana, ngurusin kalo trouble gimana tanpa harus ngandelin CS terus, kepikiran melulu..

    Btw ane selama ini otodidak dan sendirian gan. Riset kw, edit2 tampilan, bikin konten, cari backlink, ngurus ini itu semua sendirian, seperti nyiksa diri
     
    Cendol likes this.
  18. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,187
    Likes Received:
    272
    Dulu awal" saya beli dsni gan artikelnya, Setelah blog besar dan ada lebihnya buat gaji penulis, saya berfikir dan memberanikan diri untuk membuka lowongan kerja untuk nulis artikel english. Dan banyak kok anak" kuliah atau magang yg mau kerjasama. Cuma ya itu, mereka ga akan bertahan lama kerjasama dg kita, krna masa depan mereka mungkin jauh lebih baik dari hanya menulis konten. Mungkin klo yg dah hobi beda ya..Tp gpp sih, santai aja..Yg penting tetep silaturahmi, dan membuka pintu kita lebar" jikalau mereka mau balik lagi.

    Oia untuk artikel ga usah panjang" gan, to the point aja. Google itu kayak cewek, ga suka sama cowok yg banyak spik dan basa-basi..hehe..Syarat ini klo agan main micro niche khusus ya, bukan micro niche tp yg listing atau review..

    Saya juga otodidak gan, saya blajar di forum ini awalnya...Kalau agan udah tau dasarnya lebih baik langsung action gan, jangan nunggu terus..Atau klo lagi males, mending beli domain aja, trus install wp di hosting. Diemain aja, sembari nunggu domain itu siap baru lanjut posting. Klo saya gitu sih, jd domain fresh ga fresh" bgt, stelah 3 bulan saya install wp langsung saya gas. Dan pengalaman klo pake cara ini, domain enak indexnya.

    Riset kw pake ahrefs gan, biar sekalian enak..sewa aja yg mingguan, banyak kok disini. Konten sama backlink pesen aja di forum ini juga, cari yg ramai lapaknya. Smua dah tau lah pakar konten dan seo dsni..hehe..

    Oia untuk server saya sarankan ke hawkhost aja gan, themes usahkan yg premium, saya pakai GP atau Newspaper..Intinya loading theme harus secepat mungkin, bisa di cek pake pagespeed atau gtmatrix.

    Buat penyemangat gan, ini blog sya buat bulan Agustus kmrn, msh unyu trafiknya tp dah lumayan hasil adsnya buat beli rokok + kopi..hehe

    [​IMG]

    Oia ini fresh domain, artikel 100 biji @400kata, seo baru pondasi ke homepage aja.
    Cpc 6K dan Ctr 5%..Semoga menginspirasi gan, jangan banyak pertibangan gan, langsung gas aja. Jangan takut mikirin ini itu, nekat lah pokoknya..
    Semoga dilancarkan usahanya gan..Amin..
     
    GilangRamadhan, tioarbian and pejwan like this.
  19. ant2526

    ant2526 AdSense Fan

    Joined:
    Oct 15, 2014
    Messages:
    189
    Likes Received:
    29
    Location:
    Mojoagung Jombang
    Kalau Blogcepot?
    semua blog sudah gak pakai blogger, enak si gratis hosting tapi numpang.
    Masalah bisa bersaing mungking...
    Sekarang menurut saya ngeblog itu ada dua jalan :

    1. Spam kayak web besar - besar.
    2. Artikel sedikit tapi dirawat,
    - artikel up to date
    - backlink trus ditambah, arahkan aja ke artikel yg ditarget setelah homepage
    - trus riset keyword di niche tersebut walaupun volume 10 atau 0 hajar aja.
    - bangun kolam (FB, Pinterest kalau base image, Twitter, Intagram, Youtube dll)

    Kalau jalannya setengah2 yakin akan kalah ama web web besar.
     
  20. Mastoure

    Mastoure New Comer

    Joined:
    Dec 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Bener juga ya mending siapin dulu wadahnya, kalo udah siap tinggal gas.. ditampung sarannya hu thanks. Itu trafik bikin ngiler aja hahaha. Sukses terus lah buat ente hu makasih udah mau sharing ilmunya
     

Share This Page