1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Apakah Penjualan Sistem Dropship HARAM dalam Syariat Islam?

Discussion in 'Dropshipping' started by deden, Nov 30, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rodagigi

    rodagigi AdSense Fan

    Joined:
    Jun 15, 2012
    Messages:
    126
    Likes Received:
    3
    Location:
    Tangerang
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Maaf, kalau boleh ikutan nimbrung dong.
    Saya jadi inget , pernah nemu ceramah yang isinya membahas masalah ini. Dan setelah saya cari lagi, berikut ini adalah url nya : _hxxp://www.zainalabidin.org/?p=505

    Semoga ada manfaatnya.
     
  2. acilz

    acilz Super Hero

    Joined:
    Dec 9, 2011
    Messages:
    1,223
    Likes Received:
    127
    Location:
    bandung
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Wah rame nih.. ikut mantau sambil nambah-nambah ilmu.. ane bodong masalah agama neh.. lumayan dapet tambahan ilmu.. tapi musti hati2 juga kali yak cari ilmu, jangan asal ceplok tanpa tau makna dan tujuan nya :D
     
  3. ahmed99

    ahmed99 Super Hero

    Joined:
    Nov 20, 2010
    Messages:
    1,186
    Likes Received:
    37
    Location:
    Pekanbaru Bertuah
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    masa dropship haram, gmana dengan sales2 door to door, makelar, dsb..
    kalau kita mencuri barang dan menjualnya ke orang lain baru tuh haram..
    selagi ulama belum melarang, sah-sah aja kan..
    hati dan akal kita kan bisa ngerasain mana yang haram dan mana yang halal..
    Islam itu indah bro...
     
  4. didik321

    didik321 Super Hero

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    1,378
    Likes Received:
    67
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Si TS hanya ngasih tau, nurut monggo, ya, gk nerima juga silahkan, semuanya punya kebebasan memilih, yang tidak sepatutnya dilakukan adalah kalo kebanyakan yang komen sudah saling mencela, kayak anak kecil aja, padahal suasana kayak gini jarang banget kita temui di forum kita ini,
    nah kalo udah begitu, entar bakalan ditutup deh nih thread ama momod..
     
    Last edited: Nov 30, 2012
  5. Igoey1122

    Igoey1122 Super Hero

    Joined:
    Sep 12, 2010
    Messages:
    1,253
    Likes Received:
    177
    Location:
    Di Hati Mu
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    sebuah hadist biasanya bisa dijabarkan lebih luas, perkataan hadist itu bukan hanya satu kata, kata2nya masih harus diartikan lebih hidup, bukan hanya mati di satu kata. thanks ts sudah menjelaskan :), Rasulullah menjelaskan memang, tetapi harus mengerti lebih luas dan lebih hidup apa yang dikatakan Rasulullah Saw. yang penting masih di jalan allah ridho illahi insya allah selalu membawa barokah. Selama masih memberikan keuntungan untuk orang lain dan diri sendiri itukan namanya rizki dan rahmatNya. terkecuali bisnis tersebut hanya mengambil keuntungan buat dirisendiri di orang lain (pembeli) tidak merasa untung bahwa barang itu ternyata minus.
     
  6. imbit

    imbit AdSense Pro

    Joined:
    Dec 1, 2011
    Messages:
    405
    Likes Received:
    7
    Location:
    Garut, Sunda, Indonesia
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    tidak ada salahnya(untuk anda pribadi) anda ikuti logika anda.
    ...tapi untuk saya pribadi saya ikut(semampuku) apa kata Alloh, yang dicontohkan Nabinya, yang disampaikan Sahabatnya beserta para ulama yang faham ilmuNya
    btw, thanks to TS!
     
    rodagigi likes this.
  7. syaik

    syaik AdSense Fan

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    167
    Likes Received:
    3
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    "Janganlah kamu menjual barang yang bukan milikmu."

    ini maksudnya menjualkan barang yang tanpa izin pemiliknya

    Ex: teman agan punya motor

    lalu agan jual tu motor, tanpa sepengetahuan teman agan, padahal teman agan tidak pernah punya niat menjual motor

    sedangkan dropsip sudah ada akad antara dropsipper dan suplayer dalam posisi ini dropsiper bisa di katakan sebagai tenaga penjual (Freelance marketing)
     
    Last edited: Dec 1, 2012
  8. deden

    deden Super Hero

    Joined:
    Mar 10, 2011
    Messages:
    1,280
    Likes Received:
    158
    Location:
    Bogor
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    ane kan dah bilang ane bukan ustadz..

    kayanya agan lebih tahu makna,tujuan,silsilah,sarah dll nya ya... bagus deh :)
     
  9. leniden

    leniden Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2008
    Messages:
    2,373
    Likes Received:
    402
    Location:
    Palembang
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Ane juga maen dropship.. ane udah ada deal dengan penjual yang ada di Bandung dan orangnya enak banget.. Semuanya di layanin dengan baik dan mereka juga welcome dengan dropship.

    Saya sebagai pemain dropship tidak melepas gitu aja pelanggan saya.. beberapa kali saya merefund uang customer saya karena barang gak nyampai. :( padahal uang sudah saya kirm ke dropshipper dan mereka juga sudah mengirimkan barangnya (ada resinya sih)...

    Yang penting dalam sistem dropship, adalah kejujuran antara pembeli, penjual dan kita sebagai pemain dropshipnya.

    Saya belum melihat sedikitpun celah dimana perdagangan model seperti ini diharamkan dalam Islam. Dalil diatas masih butuh dikaji lagi... Pasti ada asal muasalnya.. kita harus tanya ke yang lebih ahli
     
  10. docran

    docran Super Hero

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,709
    Likes Received:
    1,378
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Mesti bisa bedakan istilah dropshipping dengan arbitrage. Kalau yang haram itu setau say arbitrage. Ngaku jual barang, tau2nya orang udah bayar, baru barangnya dibeli.

    Adapun yang alternatif pertama, itu yang paling baik, dimana si agen jadi tenaga marketing, dan si pemilik produk mewakilkan penjualan pada si agen. Dengan demikian, hilang sudah penyebab keharaman karena dia menjadi wakil si pemilik produk. Wallahu a'lam
     
  11. shangkur

    shangkur AdSense Fan

    Joined:
    Dec 12, 2011
    Messages:
    148
    Likes Received:
    0
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    setuju dg ini,
     
  12. supermance

    supermance Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    2,109
    Likes Received:
    116
    Location:
    Mirrorcle World
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Mungkin topiknya cocok kalo diposting di forum bisnis islami, bukan bisnis online kaya forum tercinta ini. Bukannya peraturan forum udah jelas, NO SARA allowed?


    just saying ...
     
  13. chartszone

    chartszone AdSense Starter

    Joined:
    Dec 29, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    5
    Location:
    LDR
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    wah gitu yah ane baru tau gan ya semoga yang udah melakukan dan gak tau bisa cari solusi secepetnya klo takut sistemnya haram :D
     
  14. summer

    summer Super Hero

    Joined:
    Dec 3, 2007
    Messages:
    3,199
    Likes Received:
    284
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Hapus aja nih thread.
    Picik banget mentyerjemahkan hadits.
     
  15. im-januardi

    im-januardi Hero

    Joined:
    Sep 11, 2011
    Messages:
    505
    Likes Received:
    66
    Location:
    KALBAR
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    koment di ats kayaknya udah pada memberi pencerahan ya mas TS, kek nya kita harus mempelajari lagi maksud hadis diatas jangan di artikan mentah-mentah, dan tanyakan lagi kepada diri kta sendiri " udah ngerti ngak sistem dropshipping ti seperti apa ?"

    agan udak kasih 3 alternatif di situ ,..

    nah lo,.. bukanya dropshipping tu emang seperti 3 alternatif di atas ?

    Yang agan maksud Dropshipping tu haram yang manannya ?.
     
  16. zainal2009

    zainal2009 New Comer

    Joined:
    Oct 24, 2012
    Messages:
    45
    Likes Received:
    59
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    saya pake yang alternatif kedua.
     
  17. tanpa nama

    tanpa nama Noob or Newb?

    Joined:
    Oct 18, 2012
    Messages:
    979
    Likes Received:
    1,202
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Barang halal dijualpun bisa jadi haram hukumnya, begitupula barang haram dijual bisa menjadi halal hasilnya, tinggal bagaimana kita menggunakan akal/cara baik kita dlm melakukannya disamping tetap mememnuhi syarat dan rukun yg sudah sdh ditetapkan.
    Dropship itu Termasuk habluminannas dimana jika kedua belah pihak dan yg terkait sama2 ridho itu sdh SAH.
    Sekali lagi Inti dari jual beli itu jika ada kesepakatan antara penjual dan pembeli serta pihak yg terkait sama sama ridho itu udah SAH,
    islam itu Mantap mudah dan ramah kok, semakin kita mempersusah suatu hukum justru permasalahan akan bermunculan, namun jangan pula memnganggap enteng suatu hukum,karena justru bisa menjebloskan kita sendiri...

    Sekarang gunakan akal,ilmu,iman serta pedoman kemanusian utk memcahkan suatu hukum yg masih belum memiliki titik temu...!!!
    Ambil yg terbaik serta yg banyak mengandung manfaat.
     
    immax likes this.
  18. maryoto

    maryoto AdSense Starter

    Joined:
    May 10, 2006
    Messages:
    93
    Likes Received:
    29
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    Dalam menetapkan hukum jangan hanya berpatokan dalam 1 dalil saja, coba di cari dulu menurut pendapat ulama yang lain ...
     
  19. GrafitianZ

    GrafitianZ Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    3,512
    Likes Received:
    198
    Location:
    JakCity
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    setuju sama mastah ini
    ane juga pernah baca yang diributkan ts didepan, tapi ane lupa sumbernya dari mana. Yang intinya bahwa dropship itu HALAL asalkan si Supplier tau dan setuju barang nya kita jual dan tidak merugikan satu sama lain
     
  20. Bandot

    Bandot AdSense Fan

    Joined:
    Jun 15, 2012
    Messages:
    152
    Likes Received:
    4
    Re: [WARNING] Penjualan Sistem Dropship Ternyata HARAM dalam Syariat Islam. Ini Solus

    ”Janganlah kamu menjual barang yang bukan milikmu.” (H.R. Abu Daud dan Nasa'i; dinilai sahih oleh Al-Albani)

    Bisa juga diartikan , kalo ente menjual barang milik orang lain (dalam hal ini mencuri) itu jelas hukumnya HARAM.
    Kalo dropship menurut ane sih, penjual (pemilik barang) sudah jelas memperbolehkan kita untuk menjualkan barangnya dengan sistem komisi atau juga ngambil untung sendiri. tergantung aturan dr pemiliknya.

    Lebih bagusnya silahkan tanya guru anda (ustad / ulama). Bukan tanya Google. Karena belajar tanpa bimbingan guru malah bisa menyesatkan.

    “Barang siapa yang menuntut ilmu tanpa bimbingan Syekh (Guru Mursyid) maka wajib setan Gurunya” (Abu Yazid al-Bisthami).

    Jadi Biar kita tidak salah tafsir mas bro, silahkan konsultasikan sama guru anda.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page