1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Bangun Malam 2 Jam Sebelum Subuh dan Selalu Melayani Orang

Discussion in 'Chit Chat' started by Content Repost, Mar 1, 2012.

  1. Content Repost

    Content Repost Super Hero

    Joined:
    Sep 6, 2011
    Messages:
    1,184
    Likes Received:
    838
    Rabu malam (29/2/2012) kemarin, saya terbang dengan pesawat Garuda GA 324 Jakarta-Surabaya. Duduk di sebelah saya seorang bernama Yadi Sudjatmiko. Lelaki paruh baya ini menuju Malang setelah menempuh perjalanan panjang dari Oman. Ia bekerja di salah satu perusahaan minyak di sana. Satu bulan sekali ia pulang ke Indonesia, berlibur satu bulan kemudian bekerja lagi satu bulan.


    Banyak pelajaran yang saya peroleh dari lelaki yang telah memiliki 3 orang anak ini. Pak Yadi hanya lulusan STM [Sekolah Teknik Menengah setara SMA] tetapi kini ia bergaji besar mengalahkan sarjana teknik yang saya kenal. Apakah itu diperolehnya dengan mudah? Tidak. Setelah lulus STM ia mencari pekerjaan ke Jakarta dan Surabaya, namun yang ia dapatkan hanya jawaban, “Kalau cari kerja ke Kalimantan sana, jangan di kota besar.”


    Maka, ia pun berangkat ke Kalimantan. Di Pulau Borneo itu pak Yadi bekerja sebagai room boy di sebuah hotel kemudian berpindah sebagai driver. Saat itu ia berpikir, “Ternyata ijazah STM itu tidak ada artinya ya. Untuk bekerja di perusahaan atau kantoran saya harus memiliki sesuatu yang berbeda yang tidak mereka miliki dan lakukan. Tapi apa ya?”


    Setelah berusaha mencari apa faktor pembeda itu, akhirnya ia menemukannya yaitu bangun malam 2 jam sebelum subuh dan selalu melayani orang. “Saya yakin sedikit sarjana yang bangun malam dan sarjana yang senang melayani orang. Bangun malam saya mohon ampun dan mohon pertolongan kepada Allah. Ditambah praktiknya siang hari, melayani orang sebaik-baiknya,” begitu tutur pak Yadi kepada saya.


    Beberapa bulan setelah ia mempraktikkan kebiasaan ini, ia diterima bekerja di perusahaan minyak Total. Dengan ketekunannya, ia menguasai keterampilan yang jarang dikuasai orang, yaitu memasang alat-alat di dalam perut bumi. “Pekerjaan saya tidak terlihat tetapi gajinya sangat terlihat,” ujarnya sambil tertawa.


    Setelah bergaji besar iapun tidak lupa terus melayani orang lain, baik di perusahaannya maupun di kampungnya. Untuk melayani masyarakat sekitar, gajinya ia sisihkan untuk membeli sapi yang ia kerjasamakan dengan para peternak dengan sistem bagi hasil atau “maro”.


    Lelaki ini terus bercerita. “Saya punya pengalaman menarik, saat saya baik sangka, menolong dan melayani peternak saya mendapat balasan lebih besar. Waktu itu salah satu sapi saya mati, peternaknya ketakutan dan berjanji mengganti. Tapi saya katakan, tidak usah mengganti, saya ikhlas.

    Sayapun memberinya lagi sapi untuk dipelihara. Hasilnya? Sapi yang dipelihara peternak itu melahirkannya kembar terus. Luar biasa kan?”


    Tak terasa, pesawat yang kami naiki mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Sebelum berpisah ia menasihati saya, “Bangunlah setiap malam sebelum kebanyakan orang lain bangun, layanilah orang tanpa berharap balasan. Gusti Allah ora sare [tidak tidur]. Kalau Anda melakukan itu, Allah-lah yang akan melayani semua keperluan Anda. Enak kan?”


    Saya kehabisan kata-kata, tertegun menatapnya hingga lupa mengucapkan kata-kata yang sudah sepastasnya ia terima, “Terima kasih pak Yadi, teman perjalananku, guruku.”


    Salam SuksesMulia!

    _http://www.jamilazzaini.com/yadi-sudjatmiko/
     
  2. teukualamsyah

    teukualamsyah Super Hero

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    1,287
    Likes Received:
    63
    Location:
    Bengkoeloe, Bengkulu, Indonesia, Indonesia
    Cerita yang sangat memotivasi pembacanya. Semoga ane bisa melaksanakan apa yg disarankan pak yadi sudjatmiko. Amiiin
     
  3. Diandra

    Diandra Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2011
    Messages:
    3,248
    Likes Received:
    2,002
    Location:
    Ads.id
    berarti cara melayani orang sebelum beliau dapet gaji besar apa y gan?
     
  4. hardian

    hardian Super Hero

    Joined:
    Dec 17, 2010
    Messages:
    872
    Likes Received:
    54
    Location:
    BSD
    teguran yang sempurna... ane bangun malam nongkrongin dulu lelangan:hmm: , kalo sempet ya,.. sekalian berdoa :malaikat:
     
    astigate likes this.
  5. gigiharif

    gigiharif Super Hero

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    1,629
    Likes Received:
    113
    Location:
    Batang
    inspiratif banget om...

    kalau saya adanya bangun tengah malam, online. subuh ketiduran... jiwa memang perlu diperhatikan untuk menggapai kesuksesan.
     
  6. aksanza

    aksanza Super Hero

    Joined:
    Jun 21, 2010
    Messages:
    874
    Likes Received:
    34
    manteep,, "nangis2", super skali sharenya mastah,, moga2 mulai hari ini juga ane bisa nglakuin yang kayak di share ma mastah,,

    btw kalo boleh tau ngelayani orang tuh maksudnya apa ya? berbagi kah?

    maaf mastah mo ane share di fb,, ijin copas yah,,
     
  7. TelaTela

    TelaTela Hero

    Joined:
    Jun 16, 2011
    Messages:
    628
    Likes Received:
    36
    Location:
    /system32/home
    menyentuhh banget ..
    kekuatan yang tak pernah kita bayangkan,
     
  8. 4ndr1

    4ndr1 Banned

    Joined:
    Jun 13, 2008
    Messages:
    2,360
    Likes Received:
    498
    Location:
    Country Of Corruption
    Nasehat yg sangat menyentuh...lg berusaha untuk lebih baik :D
     
    astigate likes this.
  9. auranda

    auranda Super Hero

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    806
    Likes Received:
    11
    Location:
    duduk dikursi depan monitor
    mantep sharingan nya sesuatu banget...
     
  10. deden

    deden Super Hero

    Joined:
    Mar 10, 2011
    Messages:
    1,280
    Likes Received:
    157
    Location:
    Bogor
    sangat inspiratif gan :D
     
  11. Spartan

    Spartan Hero

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    549
    Likes Received:
    4
    Location:
    Jimbaran
    harus ditiru, nice share bro!
     
  12. omgoogel

    omgoogel Hero

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    646
    Likes Received:
    215
    Location:
    Depan komputer
    Sangat menyentuh...
    Om arfan memang top..
    Nggak heran kalau earningnya juga ..super....:D
     
  13. CIVILIAN

    CIVILIAN Super Hero

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    2,677
    Likes Received:
    164
    mntap gan ceritany motivasi bgt :nangis2:

    kapan y bisa kerja 1 bulan libur 1 bulan :lol:
     
  14. hersu

    hersu Super Hero

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    928
    Likes Received:
    49
    Gusti Allah ora sare [tidak tidur]....:nangis::nangis::nangis::nangis::nangis:
     
  15. Valmariel

    Valmariel Hero

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    601
    Likes Received:
    4
    keren banget ceritanya. semoga bisa niru teladannya pak yadi
     
  16. pancuraji

    pancuraji Super Hero

    Joined:
    Mar 6, 2011
    Messages:
    1,695
    Likes Received:
    55
    Sangat menyentuh bos, muda2an kita semua diberi kekuatan untuk bisa melakukan apa yg sudah dilakukan oleh pak Yadi..
     
  17. idovia

    idovia AdSense Pro

    Joined:
    Jul 27, 2010
    Messages:
    481
    Likes Received:
    15
    Subhanallah...go on white hat...
     
  18. muslimstore

    muslimstore Hero

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    504
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jakarta
    Subkhanallah...sebuah cerita yang di berikan oleh orang yang memang melakukannya memang akan terasa berbeda dengan orang yang hanya sekedar cerita ( maksudnya orang yang memberikan nasehat kepada orang lain tapi dia tidak melakukannya)terima kasih sharenya mas...semoga diriku di berikan kekuatan untuk bisa mengambil hikmah dan melaksanakan hikmah itu di keseharian......
     
  19. boboho

    boboho Newbie

    Joined:
    Apr 16, 2011
    Messages:
    2,105
    Likes Received:
    175
    Location:
    Samarinda - Tepian Mahakam
    Patut dijadikan teladan nih.. nice story gan :)
     
  20. ando79

    ando79 AdSense Pro

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    413
    Likes Received:
    45
    Location:
    jakarta
    wanjer! nasibnya bagus banget. ane jam 2 malem belom tidur, jadi gimana tuh :D
     

Share This Page