Ads.id Lelang Coming Soon
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 Tahun

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by rohaditerate, Nov 28, 2014.



Ads.id Lelang Coming Soon
  1. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    1,458
    Location:
    rohadiright.com
    Share kali ini tentang Cara Saya Menghasilkan profit bersih lebih dari $1000 per Bulan dari Toko Online Lokal. Sebagai tambahan informasi, profit $1000/month yang saya peroleh untuk olshop lokal ini berasal dari 2 web (dengan niche yang sama). Buat anda yang sedang menekuni bidang olshop semoga share kali ini bisa bermanfaat dan memberi inspirasi bagi anda.

    Buat yang sedang menekuni bisnis online lain (adsense, clickbank, dll) dan belum tertarik masuk ke jualan produk lokal semoga tetap fokus dengan bisnisnya. Hampir semua bisnis online bisa menghasilkan profit yang tinggi asal fokus, sabar dan konsisten dengan pilihan bisnis yang ditekuni. Setuju..??! ;)


    So here's the story....


    Pertengahan Juli 2013, beli domain untuk olshop pertama (waktu itu istri yang minta karena saya menyuruh dia resign dari perusahaan tempat dia bekerja). 2 - 3 bulan pertama web masih belum menghasilkan karena istri masih angin-anginan, kalo ga disemangati jarang mau ngurusi web olshop ini. Saya sendiri juga belum punya waktu untuk mengoptimasi website ini karena masih sibuk dengan kerjaan di Fiverr.

    Sekitar bulan oktober 2013, ketika istri sudah mulai in dengan profesi barunya sebagai ibu rumahan, barulah perlahan-lahan web olshop pertama saya ini terupdate, waktu itu dengan produk-produk dropship dari teman yang kebetulan sudah mempunyai olshop dengan stok sendiri. Di sela-sela pekerjaan sebagai freelance di Fiverr, saya sempatkan untuk membantu optimasi on-page dan off-page. Trafik rata2 dibulan itu via histat, 43 uv/day.

    Satu bulan selanjutnya, trafik mulai menanjak dengan kisaran 444 uv/day. Penjualan dropship hampir tiap hari selalu ada walau masih dikit-dikit. Melihat potensi ini, saya putuskan untuk membeli 1 domain lagi dengan keyword on domain sesuai dengan niche produk yang saya jual (untuk web pertama nama domain lebih branding tapi bukan KOD). Maka pada bulan November 2013, website olshop saya yang kedua resmi diluncurkan. Agar lebih natural, hosting kedua web ini saya bedakan dan satu sama lain tidak saling ngelink. Dan walaupun produk yang dijual sama, Judul dan detail produk tidak saya tulis sama persis agar masing-masing konten di dalam dua olshop saya tersebut bisa unik.

    Desember 2013, trafik web pertama meledak dengan kisaran 1,4k uv/day. Untuk ukuran toko online, trafik segitu saya rasa sudah cukup besar. Sedangkan web kedua masih proses optimasi. Istri saya makin kewalahan mengurusi dua web ini karena selain mengurusi update produk, dia juga harus melayani pembeli via sms/bb. Akhirnya saya turun tangan ikut mengurusi semuanya mulai dari optimasi on-page off-page, update produk hingga melayani customer dengan gaya bahasa sas sis sas sis :D Kebetulan waktu itu job di Fiverr sudah mulai bisa di outsource ke salah seorang teman, jadi saya bisa lebih fokus ke 2 olshop ini.

    Januari 2014, web kedua mulai memperlihatkan grafik menggembirakan dengan trafik di kisaran 263 uv/day. Sedangkan web pertama terus meningkat dengan uv mencapai 2,9k per hari. Istri makin kewalahan + stress karena supplier tidak bisa fast response sedangkan order yang diterima makin banyak. Akhirnya di awal tahun 2014 tersebut saya memutuskan untuk stok barang sendiri dengan modal 10 juta hasil pinjaman dari gadai BPKB mobil kakak ipar. Karena terbatasnya modal, stok barang waktu itu masih cuma sekitar 5 pcs per produk dengan model produk kurang dari 10 macam. Sungguh dibawah standar untuk ukuran olshop dengan stok sendiri. Tempat penyimpanan barang pun belum ada, jadi masih menggunakan media seadanya seperti kursi tamu dan kasur tempat tidur dikamar yang tidak terpakai.

    Februari 2014, mulai memberanikan diri menghire karyawan (waktu itu ngajak adik sepupu) untuk membantu melayani customer (bagian jawab sms dan bb). Trafik web pertama sudah naik lagi di kisaran 4,1k uv/day sedangkan web kedua masuk di kisaran 1,6k uv/day. Dengan trafik total lebih dari 5k uv/day maka lambat laun profit olshop kami pun bertambah dan produk yang kami jual makin bervariasi dengan stok-stok yang lebih mumpuni dari sebelumnya.

    Maret 2014, hire 1 karyawan lagi (total CS 2 orang). Trafik web pertama 5,1k uv/day, web kedua 3,7k uv/day.

    April 2014, hire 1 karyawan lagi (total CS 3 orang). Trafik web pertama 5k uv/day, web kedua 5,1k uv/day.

    Mei 2014, hire 1 karyawan lagi namun 1 karyawan resign(total CS tetap 3 orang). Pada bulan-bulan ini minat beli konsumen semakin tinggi karena akan memasuki bulan puasa. Trafik web pertama sudah mencapai 8,2k uv/day, sedangkan web kedua 6,2k uv/day.

    Juni 2014, sebulan menjelang puasa, saya hire 1 karyawan lagi untuk bagian administrasi agar istri saya lebih mempunyai banyak waktu luang untuk mengatur stok pembelian barang dan update produk. Formasi karyawan saya ini (3 CS dan 1 admin) masih bertahan sampai sekarang. Ditambah 2 VA (virtual Assistant) lagi untuk bagian optimasi on-page off-page.

    Trafik untuk bulan Juni 2014 s/d Oktober 2014 :

    Juni 2014
    Web 1 10,5k uv/day
    Web 2 7,7k uv/day

    Juli 2014
    Web 1 9,9k uv/day
    Web 2 7,4k uv/day

    Agustus 2014 (pasca lebaran, trafik kembali normal seperti hari biasa)
    Web 1 5,4k uv/day
    Web 2 3,1k uv/day

    September 2014
    Web 1 6k uv/day
    Web 2 3,3k uv/day

    Oktober 2014
    Web 1 5,9k uv/day
    Web 2 3,5k uv/day

    FYI, untuk data statistik trafik pengunjung diatas saya menggunakan histat sebagai referensi. Anda bisa melihat detail grafiknya dibawah ini :

    [​IMG]

    [​IMG]

    Jika anda ingin membuat journal kilas balik perjalanan web-web anda, atau anda ingin menduplikasi kesuksesan blog anda, anda juga bisa menggunakan referensi seperti yang saya dgunakan diatas.

    Saya sendiri baru menyadari kalau web olshop saya bisa mendapatkan pengunjung diatas 1k kurang dari 6 bulan setelah melihat data histat ini. Web kedua bahkan hanya butuh waktu kurang lebih 4 bulan. Sebelumnya saya kira butuh lebih dari setengah tahun untuk mendapatkan trafik stabil diatas 1k dan hampir saja 10 website yang baru saya build saya target dengan kurun waktu yang salah.

    Orang bilang, pikiran dan ingatan sering salah dan lupa, namun angka-angka tidak pernah berbohong ;) Itulah pentingnya memakai data-data sebagai acuan dalam membangun bisnis yang benar dan tersistem.

    Setelah membahas tentang trafik, sekarang giliran earning/profit. Untuk earning saya tidak bisa menjabarkan dari bulan ke bulan karena nanti terlalu vulgar dan saya juga tidak terlalu jago untuk masalah pembukuan keuangan di excel (untuk bagian ini istri yang mengurus).

    Dibawah ini sedikit saya ilustrasikan rata2 profit yang saya terima perbulan setelah kedua website saya mempunyai trafik stabil di search engine.

    Penjualan perhari rata-rata 40 - 60 pcs dengan keuntungan 20 - 40 ribu per piece nya (saya tarik garis tengah 30rb).
    Jadi perhari rata2 profit yang saya terima 1,2jt -1,8 jt.
    Jika saya ambil yang terendah (1,2jt) berarti dalam sebulan 1,2jt x 25 hari kerja = 30 jt.
    Dikurangi gaji karyawan dan biaya operasional sekitar 10jt, jadi masih profit 20 jt.
    Ini untuk hari-hari biasa, pengalaman saya di bulan puasa kemaren profit bisa 2 sampai 3x lipat dengan rata-rata penjualan bisa sampai 100 pcs per hari.

    Untuk screenshot maaf tidak bisa saya upload karena ini bukan blog adsense, amazon ataupun clickbank. Profit olshop berada dalam rekening bank dan saya tidak sreg jika harus mempublikasikan data transaksi bank di internet. No SS hoax ? No comment dehh..


    Anyway, Kilas balik diatas hanya sebagai gambaran bagaimana saya membangun bisnis toko onlen ini mulai dari nol, tanpa stok, tanpa pegawai. Kilas balik ini juga bisa jadi catatan perjalanan yang akan saya bookmark dan saya simpan sebagai journal pribadi.

    Setelah anda cukup dibosankan dengan cerita kilas balik saya, kini saatnya saya share step by step langkah-langkah dan cara-cara yang saya pakai untuk meledakkan penjualan online shop saya. Here we go.....

    Pertama-tama, ada 2 mindset yang perlu anda perhatikan dalam membangun web olshop yang baik dan benar yaitu :

    - Dropship dulu, baru jadi stok sendiri
    Dengan dropship anda bisa menjajaki niche mana yang akan anda ambil tanpa terlalu beresiko mengalami kerugian karena anda tidak stok barang. Jika niche yang anda ambil ternyata tidak cocok, anda bisa dengan mudah berganti haluan ke niche lain yang lebih profitable (hanya butuh beli domain baru dan konten baru). Setelah anda menemukan niche yang cocok dan mempunyai trafik stabil plus penjualan rutin tiap hari, baru anda bisa mempertimbangkan untuk menyetok barang sendiri.

    - Tangani customer sendiri, baru kemudian hire karyawan

    Jangan buru-buru hire karyawan kalau penjualan masih dibawah 5 pcs per day. Anda tidak ingin karyawan anda seharian kerjanya tidur-tiduran saja kan? Dengan menangani customer sendiri, anda juga jadi lebih tahu cara menangani customer dengan berbagai keribetannya. Pas nanti waktunya didelegasikan, anda sudah bisa melatih karyawan anda dengan lebih profesional (karena anda sendiri sudah pernah melakukannya).

    (lanjut ke bawah...)
     

    Attached Files:

  2. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    1,458
    Location:
    rohadiright.com
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Kemudian Tips-Tips untuk Meningkatkan Konversi Penjualan :

    - Jangan takut bereksperimen.
    Gunakan popups, banner dan widget untuk mempromosikan halaman penting di web anda (seperti diskon produk, penawaran untuk bulk order, produk bestseller dan sebagainya).

    - Gunakan variasi diskon dan sale untuk mencari harga terbaik bagi customer anda
    Jangan terpaku dan mengekor harga diskon dipasaran. Gunakan trial error anda sendiri untuk mencari konversi yang paling bagus. Karena beda olshop, beda barang yang dijual, beda pula prilaku konsumennya.

    Pengalaman saya, dengan menambah diskon produk untuk bulk order dan memblow-up nya di bawah postingan produk (melalui single.php) saya bisa menambah konversi penjualan sekitar 30-50%. Jumlah rata-rata customer per hari tetap namun barang yang dibeli lebih banyak. Jika dilihat dari laba mungkin berkurang karena dipotong diskon yang lebih besar, namun dari sisi keuangan perusahaan tentunya lebih bagus karena cashflownya lebih cepat.

    - Buat halaman TOS / Ketentuan Layanan yang jelas dan tegas
    Hal ini untuk mempermudah anda dan CS anda dikemudian hari ketika terjadi hal-hal yang tidak diingankan seperti barang tidak sampai ke tujuan, barang cacat, transfer customer tidak masuk ke rekening dan sebagainya.

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa customer untuk toko onlen lokal di Indonesia masih banyak yang kolot, gaptek dan kadang sedikit arogan. Jangan sampai anda jadi bulan-bulanan customer hanya karena TOS anda tidak lengkap dan jelas.

    - Permudah Pembeli dalam melakukan Order
    Hampir serupa dengan poin TOS diatas, pasar yang masih agak gaptek membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam menggarapnya. Walaupun di halaman cara pemesanan sudah ada panduan yang jelas, saya tetap memasukkan cara pemesanan ini ke dalam postingan produk, dengan harapan untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan ke CS dengan isi "cara pesannya gimana?", "bisa pesan via telp ga?" dsb.

    Model-model pembelian otomatis melalui chart sepertinya masih belum populer, saya sendiri belum pernah memakainya.

    - Cek tampilan web di browser mobile
    Sangat penting untuk mengecek tampilan web anda di versi mobile, mulai dari homepage, single post, hingga cara pemesanan. Theme yang tidak responsive bisa sangat mengurangi konversi penjualan.

    Data di olshop saya, pengunjung yang datang dari PC dan Mobile cukup seimbang bahkan kadang pengunjung mobile bisa 2x lipat lebih banyak daripada pengunjung via PC. Mayoritas pengakses mobile menggunakan OS Android yang sekarang lagi ngetrend.

    [​IMG]

    [​IMG]

    - Edit berkala Produk-produk yang sudah habis
    Biasakan untuk mengedit produk yang sudah habis dan menempatkannya di halaman belakang web (dengan cara mengedit tanggal postingan ke beberapa bulan yang lalu).

    Jika pengunjung datang ke web dan di homepage (halaman yang paling banyak dikunjungi visitor) banyak terpajang produk-produk habis, itu akan mengurangi konversi untuk produk-produk yang masih ready karena space di halaman depan tentunya terbatas. Pun jika visitor memilih kategori produk dan dibagian teratas juga terpajang produk-produk yang sudah habis, akan mengurangi konversi produk ready yang ada di page selanjutnya (page 2, 3, dst..).

    Anda tentunya tidak ingin ada sms masuk dengan tulisan "kok barangnya habis semua sis..?". Sangat mengesalkan ketika stok ready kita lebih dari 5 halaman tapi ditanyai seperti itu :tutupmulut:

    - Cek Related Post, Pastikan yang terpampang mayoritas produk-produk ready
    Di beberapa theme olshop yang saya pakai, ada yang menampilkan related post produk-produk yang sudah habis. Dan dibutuhkan sedikit coding untuk memperbaikinya (saya sewa jasa coding dan dalam 10 menit masalah clear). Jika theme anda juga seperti itu, jangan ragu untuk memperbaikinya.

    Pengaturan kategori yang salah juga bisa menyebabkan theme anda menampilkan produk-produk yang sudah lawas. Butuh penyelesaian yang berbeda-beda untuk masalah ini karena tiap theme punya pengaturan dan kode yang juga berbeda-beda.

    - Gunakan Header, Logo dan Banner profesional
    Kalau buat saya ini wajib agar toko online saya terlihat lebih profesional dan serius. Tahu sendiri kan kalau customer di Indonesia masih siaga 1 untuk masalah keamanan dalam bertransaksi onlen. Kalau desain web anda amburadul, visitor bakal sangsi dan cepat berpindah toko.

    Saya sendiri tidak akan menghabiskan waktu saya seharian di depan photoshop untuk melakukan hal ini. Cukup sewa jasa desain yang bertebaran di forum ini, selesai urusan. Jika tidak mau keluar modal, jangan berharap hasil besar. Tentu saja dengan catatn, olshop anda sudah menghasilkan. Kalau anda masih baru mulai, anda bisa mendesainnya sendiri untuk menghemat biaya.

    - Buat halaman Khusus Testimoni dan Resi
    Halaman testimoni dan resi diperlukan untuk membuat toko onlen anda lebih kredibel dan dipercaya. Halaman resi juga bisa memudahkan customer dan CS anda dalam mengecek status barang kiriman.

    - Data Olshop Jelas (customer servie, rekening, alamat toko, dsb)
    Data ini juga diperlukan untuk membuat toko onlen anda lebih kredibel dan dipercaya. Juga untuk memudahkan customer dalam bertransaksi.

    - Hindari Penggunakan iklan (adsense, ppv, dsb)
    Mungkin dalam jangka pendek memasang iklan di web olshop bisa menguntungkan, karena memberi tambahan penghasilan. Namun dalam jangka panjang, hal ini akan menjadi toxic dan membuat olshop anda sulit berkembang. Alasannya: toko anda terlihat kurang profesional, pengunjung bingung dengan yang anda jual (olshop anda tentang sepatu tapi iklannya baju tidur) dan konversi penjualan anda jatuh karena pengunjung lari ke web lain (iklan yang anda pajang lebih menarik dari produk olshop anda sendiri).


    Setelah membahas tentang mindset dalam membangun olshop dan cara-cara menaikkan konversi penjualan, kini saatnya masuk ke bagian terakhir yaitu Mencari Trafik.

    Ini adalah bagian yang teramat penting bagi sebuah olshop, karena tanpa trafik olshop anda akan sepi tiada pembeli.

    Ada banyak jenis model trafik, jika digaris besarkan ada 3 macam yaitu Organik Trafik (SEO), Iklan (Adwords, Fb Ads, dll) dan Social Media (FB, Twitter, Google Plus, Pinterest, dll).

    Dari ketiga jenis trafik driver itu saya paling fokus di SEO. Saya fokus di bidang SEO karena bidang inilah yang paling saya minati, jadi saya bisa mengeksplorasi lebih jauh dan tetap enjoy dalam menjalaninya. Tiap orang bisa berbeda pilihan dan anda tidak harus mengikuti pilihan saya.

    Ada teman saya yang bisa mendapatkan trafik dan konversi yang bagus dari FB Group, tapi ketika saya mencoba mengikutinya hasil yang saya dapat tidak sebagus dia. Ada juga teman saya yang fokus di FB ads dan bisa mendatangkan trafik yang cukup signifikan. Lagi-lagi saya tidak bisa mengikuti karena saya tidak tertarik tiap hari harus bergelut dengan campaign-campaign yang membingungkan (bagi saya). Kalaupaun nanti trafik web olshop saya menurun dan saya membutuhkan tambahan pengunjung dari iklan, saya lebih memilih menghire orang lain untuk melakukan campaign iklan-iklan saya daripada saya melakukannya sendiri.

    Jika anda suka men-drive trafik dari iklan atau sosmed, maka maaf saya tidak bisa memberi banyak masukan atau tips-tips karena saya tidak ahli di kedua bidang tersebut.

    Namun jika anda adalah seorang penikmat SEO seperti saya, maka berikut ini saya sajikan untuk anda tips-tips SEO baik on-page maupun off-page dalam membangun web olshop yang powerful di search engine.

    (lanjut lagi ke bawah...)
     

    Attached Files:

    Last edited: Nov 28, 2014
  3. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    1,458
    Location:
    rohadiright.com
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    SEO ON-PAGE


    - Luangkan Waktu Untuk Menulis Detail Produk
    Ini adalah kelemahan hampir semua web e-commerce. Detail produk yang minim membuat visitor jadi kurang paham dengan spesifikasi produk yang dijual.

    Luangkan Waktu Untuk Menulis Detail Produk secara terperinci, agar konten anda selangkah lebih baik dari web-web lain dari sisi SEO (jumlah kata lebih banyak dan lebih unik). Menulis detail produk secara terperinci juga membuat pelayanan CS anda lebih efisien karena tidak membuang-buang pulsa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai produk tersebut.

    - Cek dan Optimasi Page speed Website
    Umumnya konten toko online di dominasi oleh gambar (image), dan ini bisa dengan mudah membuat loading web anda menjadi lambat. Loading web cukup berpengaruh ke SERP dan user experience. Pastikan anda senantiasa mengecek page speed website anda di hxxp://gtmetrix.com/. Menggunakan layanan content delivery network (CDN) semacam cloudflare juga sangat membantu untuk membuat loading web anda jadi lebih ringan.

    - Optimasi Title dan Deskripsi Website
    Untuk ini sudah banyak yang bahas, anda tinggal googling tutorial-tutorialnya. Contohnya judul website, yang muncul di search engine adalah 60 karakter. Maksimalkan space ini untuk memasukkan semua keyword potensial di niche anda (jangan lupa mengatur penempatan kata agar tetap enak dibaca, minimal tidak bikin orang mengkerutkan dahi).


    SEO OFF-PAGE


    Untuk SEO off-page sangat erat kaitannya degan backlink. Beberapa poin yang saya lakukan dalam hal backlinking

    - Drip Feed
    Saya membatasi submit perhari sekitar 50 link. Kalaupun lebih, tidak akan melebihi 100 links. Tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, yang jelas usahakan untuk selalu stay under radar.

    - Diversity Backlink
    Saya tidak pernah fanatik pada salah satu jenis backlink. Backlink yang beragam adalah yang paling saya suka. Blogpost, Blogroll, Blog Comment, Sosial Bookmark, Social Media, Feed, Link profile, dofollow nofollow semua saya gunakan (tentunya dengan memilah-milah kuantitas dan kualitasnya). Jika anda ingin tahu bagaimana cara memilah backlink yang bagus dan tidak, anda bisa membaca panduan saya disini >>> 9 Parameter Backlink Berkualitas untuk Mendominasi Halaman SERP Google

    - Diversity Keyword
    Diversity tidak hanya pada backlink, tapi juga pada anchor text/keyword yang digunakan. Jangan hanya fokus pada keyword utama, tapi gunakan keyword-keyword long tail, sinonim, nama domain dan juga naked url.

    - Scheduling
    Saya melakukan backlink dengan memakai sistem scheduling. Hari ini backlink si A, minggu depan si B. Hari ini backlink Tier 1 A, besok Tier 1 B, dst. Saya juga menggunakan file excel dan notepad untuk mengorganisir data-data backlinking saya dan menyimpannya dalam folder-folder khusus. Jika anda tidak benar-benar menyukai SEO, proses ini mungkin akan sangat membosankan. Terlebih jika website anda cukup banyak.

    - Mencari backlink source sendiri
    Jangan hanya mengandalkan sumber-sumber backlink yang sudah di share umum, baik di forum maupun di website-website pribadi. Backlink seperti itu akan mudah saturated, anda harus berimprovisasi untuk menemukan sumber-sumber backlink lain yang belum terekspose. Gunakan kreativitas anda dalam menggunakan dork-dork dan footprint di Google Search untuk mencari sumber link baru.

    - Tracking dan Analisa
    Untuk tracking trafik website saya menggunakan histat. Untuk analisa posisi keyword di SERP saya menggunakan Rank Tracker dari powersuite (berbayar).

    [​IMG]

    FYI, Rank Tracker saya beli ketika website saya sudah cukup menghasilkan. Sebelumnya, saya hanya cek manual melalui Google Chrome incognito window. Jika anda masih baru mulai dan belum cukup modal, sebaiknya cari yang gratisan dulu.

    Banyak juga yang menggunakan Google webmaster tools untuk optimasi web. Ini tergantung pilihan masing-masing saja, kalau saya pribadi sudah tidak pernah memakainya.

    - Gunakan Software/Aplikasi
    Untuk mendukung aktivitas backlinking, anda bisa memakai berbagai software dan aplikasi yang tersebar di internet. Tidak harus selalu yang berbayar seperti ScrapeBox atau GSA, yang gratisan pun tidak kalah powerful asal anda tahu cara menggunakan dan memanfaatkannya. Imacros dan LastPass adalah salah satunya. Ada juga TypeItIn, Remove It Permanently Add-ons, Autofill Forms dan sebagainya. Silahkan browsing untuk mengetahui fungsi-fungsinya.

    Tiap orang-orang mempunyai metode backlinking sendiri jadi kemungkinan beda pula software / aplikasi yang dibutuhkan. Sempatkan waktu untuk browsing mencari software / aplikasi yang bisa mendukung model backlinking anda. Saya sendiri biasanya menggabungkan antara manual dan auto (semi-auto).



    CONCLUSION


    Membuat olshop dengan penghasilan yang stabil membutuhkan proses yang cukup panjang dan perbaikan yang berkesinambungan.

    Tidak seperti adsense atau amazon yang hanya fokus pada konten (artikel) dan trafik (pengunjung), Olshop mempunyai elemen-elemen lain yang lebih kompleks dan lumayan merepotkan bagi anda yang tidak suka dengan sesuatu yang ribet. Mulai dari cara promosi, optimasi desain web untuk meningkatkan konversi, kualitas pelayanan (customer service), pengaturan stok barang, pembelian barang ke supplier hingga pengiriman barang ke ekspedisi (biasanya jika kiriman perhari sudah banyak paket akan diambil oleh kurir jne ke rumah). Tidak lupa optimasi on-page dan off-page agar website anda bisa kebanjiran pembeli.

    Jadi, jika anda ingin olshop anda berkembang, mau tidak mau anda harus hire karyawan karena tidak mungkin anda bisa menangani semuanya sendiri.

    Seiring berjalan waktu, minat konsumen juga berubah-ubah mengikuti trend pasar. Anda juga harus selalu aware dengan perubahan ini agar tidak tertinggal dari pesaing.

    Jika anda mencari cara instan untuk mendapat hasil gede dari bisnis jualan barang online ini, maka maaf thread saya mengecewakan anda. Selalu Fokus, Konsisten dan Sabar, maka Kesukesan sudah berada di setengah genggaman.. (catet yaa... :manja: )

    Untuk sekarang, saya sedang fokus membangun 10 web baru dengan konsep Small PBN. Dan 10 web ini saya pecah menjadi 2 bagian, 3 web saya jadikan olshop dan 7 blog saya jadikan PBN untuk mendukung olshop-olshop saya dengan konten yang unik dan berkualitas, jadi saya bisa menjadikannya multi fungsi, yaitu sebagai web pendukung dan sebagai web adsense (untuk penghasilan sampingan).

    Terakhir, sebenarnya judul thread ini kurang tepat karena peran istri saya dalam membantu mengembangkan olshop kami ini sangat banyak dan cukup vital. Kalau boleh, saya lebih memilih memakai judul "[Share] Cara Saya dan Istri Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 Tahun", tapi sepertinya jumlah karakter yang diperbolehkan tidak mencukupi :swt2:

    Anyway, Semoga share ini bisa menginspirasi dan memotivasi anda serta tidak menjadikan anda gagal fokus.

    Dan paling terakhir, seperti biasa, maaf kalau tulisannya kepanjangan :D

    Wassalam


    UPDATE :
    Thread ini sudah saya update dan perbaharui dengan beberapa penambahan poin penting, termasuk cara riset keyword untuk toko online. Anda bisa cek thread update saya disini hxxp://www.rohadiright.com/toko-online.html
     

    Attached Files:

    Last edited: Jan 20, 2015
    Abi_ds, Asepabusyifa, wawang and 65 others like this.
  4. lanjar

    lanjar Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2010
    Messages:
    1,681
    Likes Received:
    54
    Location:
    Bogor "The Rain City"
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    menginspirasi sekali mas

    kalo istri saya masih repot ngurus 2 anak kecil di rumah jadi masih angin2an

    semoga bisa memotivasi kembali mas
     
  5. M_Top

    M_Top Hero

    Joined:
    Feb 27, 2014
    Messages:
    573
    Likes Received:
    12
    Location:
    Demak Kota Wali
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    wew, mantap... sayangnya ane belom berani terjun bidang Olshop...

    setelah baca jadi tertarik.... nungggu ilmu nya ah.
     
  6. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,340
    Likes Received:
    868
    Location:
    Bondowoso
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    nice tips and share gan... inspiratif nih. yg terpenting FOKUS=SUKSES pd bisnis yg kita jalanin.
     
    Last edited: Nov 28, 2014
    jonnycible likes this.
  7. gaketolong

    gaketolong AdSense Pro

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    344
    Likes Received:
    56
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    makasih banyak masgan, sangat bermanfaat sekali sharing ilmu & pengalamannya.. ;)
    sepertinya saya juga harus mulai bangun web olshop untuk istri saya, karena sudah 1 tahun belakangan aktif jualan online dan memang sangat potensial juga menjanjikan pendapatannya.. :D

    kalo boleh tahu ngebangun webnya pake apa masgan?
    thanks :)
     
  8. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,025
    Likes Received:
    1,458
    Location:
    rohadiright.com
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Terimakasih masgan, silahkan direferensikan thread ini ke istrinya, siapa tau bisa lebih memotivasi :)

    Saya sendiri sekarang lagi nunggu kelahiran bayi pertama yang kira2 dua minggu lagi, setelah itu mungkin istri juga bakal jarang ngurusi olshop. Untungnya sudah ada karyawan yang membackup

    Ilmunya udah diupdate di post ke 2 dan ke 3 gan..

    Thanks gan

    Seperti web kebanyakan gan, wp :)
     
  9. blogywalker

    blogywalker Super Hero

    Joined:
    May 30, 2010
    Messages:
    981
    Likes Received:
    9
    Location:
    disini
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    mantap gan sharingnya... sangat menginspirasi ! semoga ane bisa segera nyusul :semangat:
     
  10. ibnuroem

    ibnuroem Super Hero

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    4,088
    Likes Received:
    355
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    wah, tulisan dan bahasanya sangat rapi dan enak dibaca
    toko online bisa sampe segitu visitornya, niche produknya apa mas?
     
  11. pulungagung

    pulungagung Hero

    Joined:
    Nov 17, 2014
    Messages:
    568
    Likes Received:
    15
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Seperti klo saya ikut2an jual di Olshop mesti nikah dulu nih...
     
    aka_omerta likes this.
  12. bons87

    bons87 Super Hero

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    1,027
    Likes Received:
    42
    Location:
    Bukan Kota
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    klo boleh tau produk/niche nya apa ya ?
    ane main di spesific produk traffic nya susah tembus ribuan :D
     
  13. mermanarts

    mermanarts Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    2,192
    Likes Received:
    123
    Location:
    bandung
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    wih mantap nih, jago bener SEO nya :D
     
  14. aka_omerta

    aka_omerta ++PremiumKontent.Com++

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    635
    Likes Received:
    49
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Thread mastah satu ini keren2...
    panjang2 namun penyampaiannya bagus sehingga tak terasa walau panjang,
    semua isinya saya lahap sekejap bak sedang membaca cerita..
    keep share mas...
    thread2nya sangat bagus dan membuka wawasan
     
  15. wanitainbiz

    wanitainbiz AdSense Starter

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    77
    Likes Received:
    1
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Keren banget kupasannya... Thanks gan
     
  16. dolananadsense

    dolananadsense AdSense Starter

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    82
    Likes Received:
    0
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Kepengen banget seperti suhucrohadi, thanks banyak atas ilmunya suhu :D
     
  17. jayaq.com

    jayaq.com AdSense Pro

    Joined:
    Nov 30, 2013
    Messages:
    439
    Likes Received:
    22
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Nah ini, klo ane menghadapi customer kolot dan arogan dgn cara tarik ulur. Diademin dan dipanasin. Stress dah mereka, hahahhaaaaaa :))
     
  18. ragiela

    ragiela AdSense Pro

    Joined:
    Apr 5, 2012
    Messages:
    433
    Likes Received:
    13
    Location:
    Di Hati Kici
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Mantap sekali sharenya mastah, ternyata ada juga ya web Online shop yg trepiknya bisa tembus 10K/day untuk kelas perorangan.. kalo sehari order sekitar 40 - 60 pcs , nah untuk yg tanya2 lewat sms , bbm, dan telp sampai berapa orang totalnya gan ?
     
  19. spectracity

    spectracity AdSense Starter

    Joined:
    Jul 23, 2013
    Messages:
    63
    Likes Received:
    2
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    Mmantapp euyyy
     
  20. kangidioot

    kangidioot Hero

    Joined:
    Jan 4, 2013
    Messages:
    729
    Likes Received:
    10
    Location:
    Surabaya
    Re: Cara Saya Menghasilkan >$1000/Month dari Olshop Lokal dalam Waktu Kurang Dari 1 T

    mantap deh
    thanks share nya,
     

Ads.id Lelang Coming Soon


Ads.id Lelang Coming Soon

Share This Page