Iklan AdCombo
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Adat jawa gan , mungkin di luar jawa ga ada adat seperti itu
     
  2. www.KerjaDalamRumah.com

    www.KerjaDalamRumah.com Always Du'a

    Joined:
    Jun 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    54
    ngikuti dalil yg sah saja mas :)
     
  3. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Iya gan
     
  4. TukangJahit

    TukangJahit AdSense Fan

    Joined:
    Dec 24, 2012
    Messages:
    157
    Likes Received:
    5
    ini sudah termasuk perbuatan syirik
     
  5. leniden

    leniden Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2008
    Messages:
    2,372
    Likes Received:
    400
    Location:
    Palembang
    Jelasin dulu ke ortu agan baek baek yang namanya adat tu hukum adat yang nyatain "Katanya kalau sampai nikah hidupnya bakal sengsara dan sial . " udah masuk ke kawasan Syirik... Kalo mereka belum ngerti, ya jelasain lagi... belum ngerti ya jelasin lagi... belum ngerti lagi.. tanyain apa bener itu alesannya... kalo cuma itu alasannya.. wah kebangetan ortu agan..

    Kalo kagak direstuin, ente yang harus ngeyakinin keluarga si perempuan kalo ente bisa tanggung jawab sepenuhnya thdp anaknya. Jelasin juga kalo ortu agan kagak bisa ngerestuin karena alasan yang gak masuk akal..

    Ssaran saya selanjutnya bisa agan bisa baca di komen om dibawah ini.. saya setuju banget..

     
  6. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Iya gan parah banget adat kaya gitu masih di percaya

    Kalau dari keluarga calon ane sudah sangat setuju gan , tinggal dari keluarga ane aja
     
  7. midereng

    midereng AdSense Fan

    Joined:
    May 17, 2012
    Messages:
    207
    Likes Received:
    10
    Sebenernya kalo menurut ane itu cuma alesan ortu aja karena gak sreg ama calon agan. Soalnya yang ane tau tuh kebiasaan orang jawa yang suka "nyari alasan" buat ngesahin pendapatnya.

    Saran ane sih coba aja calon agan diajak pelan2 buat pedekate sama ortu agan. Nanti kalo emang ortu agan udah tau kebaikan dan sadar kalo pandangan beliau ke calon agan kemaren itu salah, ntar juga boleh (mana ada sih ortu yang gak pengen anaknya bahagia?)
     
  8. nubi_GA

    nubi_GA Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2012
    Messages:
    1,798
    Likes Received:
    67
    Location:
    semarang
    wah ceritanya sama persis kayak ane gan.. tapi bedanya orang tua ama camer dah pada setuju.... heheeheee... jelasin aja kw ortu gan
     
  9. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Awalnya sih ortu ane setuju gan , setelah ortu ane tau calon ane anak nomer 3 mendadak ga setuju dengan alasan seperti itu . hadeh

    Ente enak gan ga ada yang larang malah restuin semua tu
     
  10. hardhyy

    hardhyy AdSense Fan

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    147
    Likes Received:
    32
    Hehe, mitos gan kayanya. Paman ane jawa, istrinya sunda. Sampai tua kakek nenek n punya cucu, langgeng, ekonominya juga berkecukupan aja. Kalo ketemu sama2 orang baik ya sepertinya sih akan baik ke depannya.
    Kakak ane juga jawa sunda, lancar dan pinter2 anaknya.
     
  11. assyams

    assyams Pengangguran

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    2,370
    Likes Received:
    123
    Location:
    Pulau Giligenting
    Sebenarnya ini bukan termasuk adat klo menurut ane, tapi hanya kepercayaan sebagian orang jawa saja.
     
  12. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Jadi Termotifasi gan

    Ane rasa juga begitu gan , kepercayaan turun temurun yg ga masuk logika . hehehee
     
  13. boboho

    boboho Newbie

    Joined:
    Apr 16, 2011
    Messages:
    2,105
    Likes Received:
    175
    Location:
    Samarinda - Tepian Mahakam
    masuk akal juga, ortu gak setuju, anak nekad kimpoi tanpa restu akhirnya sengsara :lol:
     
  14. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Hahahahaha, kimoi , apaan tu gan ?
     
  15. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    45
    Ya begitulah Gan, terkadang adat bertentangan dengan hukum Islam. Kalau menurut saya coba agan beri pengertian secara pelan-pelan. Urusan jodoh, rezki, maut itu bukan adat yang nentuin Gan. Yang nentuin hal itu cuma Allah. Kalau pikiran seperti anak no 1 tidak boleh menikah dengan anak no 3 karena ditakutkan sial atau sengsara itu jatuhnya udah syirik Gan. Tapi kalau misalnya tidak direstui juga, terkadang kita mesti berlapang dada Gan. Bisa jadi cewek Agan yang sekarang bukan jodoh yang terbaik buat Agan, dan bisa jadi Allah sudah merencanakan yang terbaik buat Agan.
    Semoga masalahnya cepat selesai Gan. :senyum:
     
  16. wakhidoen

    wakhidoen New Comer

    Joined:
    Jun 25, 2013
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    itu pasti katanya mbahe,punya gelar apa sich bahe ku' bisa geser posisi hukum di mata islam,,gini gan biar gak ikut" percaya hal" gitu,soale kan bs masuk hal" sing musrik,lo mang ortu gak nyetujuin ya mnding gak juga gpp,itung" berbakti pd ortu,sama" dapet phala gede tp gedean berbakti ma ortu.semua pasti ada hikmahe..
     
    azura likes this.
  17. lvnrose

    lvnrose New Comer

    Joined:
    Jun 26, 2013
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    iya kynya mitos deh...mgkn ortu u ga setuju ama pacar yg skrg kali...
     
  18. warior25

    warior25 New Comer

    Joined:
    May 26, 2013
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Waduh...baru tahu ane....emang susah sih..kita kan hidup di tanah jawa. Mungkin segala "role" kehidupan seperti rencana menikah juga dilihat dari segi jawa..semoga ente diberi "jalan keluar" dan kelapangan...amin!
     
  19. firdauzdst

    firdauzdst AdSense Starter

    Joined:
    Jul 28, 2012
    Messages:
    88
    Likes Received:
    0
    wahh,, untung pacar ane bukan nmor 3
    coba yakinin lagi deh ke ortu agan, smoga berhasil :)
     
  20. arifsy

    arifsy AdSense Pro

    Joined:
    Jul 9, 2013
    Messages:
    337
    Likes Received:
    10
    Ah saya anak ke 3 istri saya ke 1. Orang tua jawa dia duanya gan. Kalo kedepannya siapa yg tau gan, yg pentong niat baik+bismillah ja gan :D perjuangkan gan kalo tu memang berarti.
     

Share This Page