Iklan AdCombo
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. membaca

    membaca sedang membaca

    Joined:
    Aug 21, 2012
    Messages:
    1,646
    Likes Received:
    264
    itulah namanya tradisi... memang aturannya aneh beda sama aturan agama yang logis
     
  2. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,551
    Likes Received:
    296
    Location:
    https://proreview.host
    Kalau jodoh tak lari kemana, biar halangannya berat atw sulit tetep aja nikah2 juga

    Kejadian ini dialami juga oleh sepupu ane gan #Saksi mata
     
  3. masrimanas

    masrimanas Super Hero

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    1,609
    Likes Received:
    103
    Location:
    Kampar, Riau
    Ane simpulkan ortu agan terlalu percaya pada mitos tsb, dari yg kata agan awalnya setuju tp jadi ga setuju setelah tau calon agan anak ke-3.
    Ya, menurut ane sekarang bagusnya agan coba yakinin orang tua agan agar tidak berpegang pada mitos tsb. Entah itu yg jelasin agan sendiri, ato dibantu orang dalam keluarga agan yg sepaham dgn agan ato bantuan org yg terpandang di kampung agan. Usaha gan, kalo emang udah klop banget rasanya sm si calon tuh perjuangin trus.
     
  4. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,056
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    Ikut sumbang saran... Walau belum mengalaminya :) ane kasih saran ya gan dari sisi analitis saja.

    1. coba tanyakan pada ortu agan, apa yg dirasa kurang sreg dari calon istri agan di mata orang tua. Mungkin 3 tahun pacaran, tapi ortu menyembunyikan hal itu. Ada beberapa kasus misalnya, sang calon istri pertama kali bertemu ortu agan tidak menimbulkan kesan baik. Coba ditanyakan. Lalu dicari solusi bersama antara agan, calon istri dan ortu.

    2. biasanya karena masalah ketidak cocokan diawal (pada nomer 1) itulah orang tua mencari berbagai alasan sampai alasan adat segala untuk dapat memisahkan agan dengan calon istri. Memang benar biasanya untuk anak laki-laki itu ibu yang berperan memberi atau memutuskan sebuah pernikahan. Jika ibu tidak terkesan dengan calon istri, mau gak mau kita harus mencari akar permasalahannya lagi jika ternyata kesan pertama yang nomer 1 aja telah terpecahkan tapi masih kurang sreg.

    3. lakukan pendekatan yg dirasa berkesan. Ya mau gak mau agan musti sering2 bawa calon istri agan ke ibu dan bapak agan. Agar apa? agar ibu dan bapak agan paham kebiasaan calon istri agan itu bagaimana. Ajak makan bersama, masak bersama, ngobrol, dst. Biasanya sih memang karena kurang kedekatan antara ortu agan dengan calon istri agan.

    4. Jika ternyata no.1 - no.3 tidak mewakili semuanya, maka memang benar adanya ada pikiran atau nasihat dari kakek nenek agan tentang suatu pernikahan. Berdoa jadi jalan terbaik. Perbanyak sedekah/berderma juga kunci untuk mempercepat jawaban dari Tuhan.

    Semoga bermanfaat untuk agan.
     
  5. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,174
    Likes Received:
    1,008
    Location:
    Barat Bantul City
    wage sama pahing katanya juga gak boleh >> tapi ane nekad aja.. toh rejeki, jodoh, mati Allah yang nulis ..
    Kalau semisal ane hidupnya enggak lama ya gak apa apa.. yang penting ane bahagia pas hidup sama istri yang ane cintai :D
     
  6. andank

    andank Hero

    Joined:
    Oct 2, 2010
    Messages:
    518
    Likes Received:
    6
    Location:
    Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Indonesia
    Selama ini bahagia kan gan? Kalo bahagia brarti mitos itu memang tidak benar adanya. Emang kalo sudah mitos adat susah dihilangkan
     
  7. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,174
    Likes Received:
    1,008
    Location:
    Barat Bantul City
    yooo ada susahnya tapi kan namanya hidup memang selalu begitu.. asal enggak sengsara aja :D

    cuma yang ane gak demen para orang tua itu kemudian menghubung hubungkan, semisal ada yang bercerai "tuu kan, dibilang juga apa akhirnya cerai juga, dulu sih ngeyel dibilangin gak boleh nikah sama yang arahnya barat daya" . hal hal kejadian wajar bagi orang hidup selalu dikait kaitkan. padahal meskipun tidak melanggar adat hal semacam itu toh juga bisa terjadi kan..
     

Share This Page